Tuesday, May 28, 2013

Contoh Membuat Paragraph



Paragraf Deskripsi

Perpustakaan Pusat Universitas Muria Kudus
Gedung hijau tingkat 3 bernama Perpustakaan Pusat berdiri megah tepat di selatan pintu masuk gerbang utama Univeritas Muria Kudus.Perpustakaan ini terdiri dari 2 lantai berada di atas ruang BAAK.Halaman kecil dengan beberapa pohon palem menyambut para mahasiswa. Di lantai dua dan tiga, mahasiswa akan menemukan lemari loker yang berfungsi menyimpan tas dan barang milik mahasiswa. Memasuki pintu masuk kita akan dilayani oleh sistim daftar hadir otomatis lengkap dengan barcode. Rak buku lengkap dengan buku tersusun rapi dan berlabel di depan pintu masuk. Suatu yang berbeda akan dirasakan mahasiswa ketika memasuki lantai perpustakaan paling atas. Selain terdapat rak buku, di lantai atas terdapat ruang diskusi dan ruang baca. Di perpustakaan tersebut juga tersedia makanan dan minuman kecil jadi, mahasiswa tidak perlu repot repot naik turun tangga hanya sekedar untuk mengisi perut. Tempat yang sejuk, bersih, berAC dan lengkap dengan Wi-fi ini menjadi tempat favorit mahasiswa UMK.

Paragraf Narasi
Mahasiswa Baru UMK
Tepat ketika tanggal 6 September 2012, aku memulai aktifitas awal sebagai MABA di Universitas Muria Kudus.Hari itu aku berangkat menuju kampus tersebut bersama sahabatku, Tri Larasati. Di sana ternyata setiap jurusan dipisahkan duduknya sesuai progdi masing-masing jadi aku berpisah dengan sahabatku dan duduk bersama teman-teman baru. Ketika terpisah Yayas tetap menggandeng tanganku ingin duduk bersama, dia pun berkata “Was aku sendirian sama siapa ini?”.Aku pun menjawab “Nanti aku pastikan ada teman baru yas tenang kalau ada yang ganggu kamu baca Yasin saja”. “Swass..”. Canda pun masih memeluk hangat persahabatan kita walau kita mengambil jurusan yang berbeda.Di gedung Auditorium UMK mahasiswadiberikan pengarahan mengenai jalannya acara Sidang Senat Terbuka dan pembukaan MOS untuk mahasiswa baru yang akan dilaksanakan keesokan harinya. Acara tersebut sedikit membosankan selain cuaca siang yang panas dan mengantuk kami harus duduk tenang.Namun, senang tidak senang kami semua akhirnya melaksanakan.Sebuah pengalaman yang tidak begitu spesial tapi aktivitas tersebut menjadi sejarah awal yang mengenang ketika menjadi mahasiswa baru UMK Kudus.

Paragraf Eksposisi
Progdi S1 PGSD UMK
Progdi S1 PGSD UMK adalah salah satu program studi baru di Universitas Muria Kudus yang dirintis sejak tahun 2008/2009.Progdi tersebut dibuka untuk menyiapkan calon-calon tenaga pendidik yang handal, berkualitas, dan professional.Peminatnya pun tegolong besar setelah resmi dibuka sekitar kurang lebih 1000 lulusan SMA/SMK mendaftarkan diri menjadi mahasiswa baru.Padahal pihak UMK hanya menerima sekitar 250-300 mahasiswa.Hal ini disebabkan oleh besarnya perhatian pemerintah terhadap perbaikan tingkat kesejahteraan melalui kebijakan uji sertifikat yang berkonsekuensi bertambahnya penghasilan guru dua kali lipat dari gaji sebelumnya. Selain prospek menjanjikan tersebut akan ada pensiunan guru SD secara massif.Universitas Muria Kudus merupakan salah satu dari 8 Universitas di Indonesia yang mendapatkan program dari UNESCO untuk melaksanakan PAKEM. PGSD UMK pun akan menjadikan mahasiswanya seorang pendidik yang professional, berakhlak, dan berilmu tidak sekedar mempunyai sertifikat saja.

·           Paragraf Argumentasi
Banyak masyarakat hingga sekarang masih meragukan keberadaan universitas swasta khususnya di kota kecil seperti kota Kudus. Anggapan keberadaan universitas swasta di kota besar maupun kecil bahwa pihak kampustidak pernah mempermasalahkan kemampuan mahasiswanya dalam menangkap materi mata kuliah.Padahal biayanya sangat mahal hal ini perlu dikoreksi kembali khususnya UMK.Diluar dari penilaian buruk masyarakat, UMK terus maju berkembang menghasilkan lulusan terbaik yang siap kerja.Penghargaan kecil maupun besar pun telah diperoleh dosen dan mahasiswa serta kampus. Kerja sama dengan organisasi Dunia (UNESCO) pun telah didapatkan pihak PGSD UMK.Diantara banyak universitas swasta di Indonesia UMK termasuk 8 universitas yang menerima program kerjasama dengan UNESCO 2010 silam.
·           Paragraf Persuasi
Banyak masyarakat hingga sekarang masih meragukan keberadaan perguruan tinggi swasta khususnya di kota kecil seperti kota Kudus. Anggapan keberadaan perguruan tinggi swasta di kota besar maupun kecil bahwa pihak kampus tidak pernah mempermasalahkan kemampuan mahasiswanya dalam menangkap materi mata kuliah. Padahal biayanya sangat mahal hal ini perlu dikoreksi kembali khususnya UMK.Diluar dari penilaian buruk masyarakat, UMK terus maju berkembang menghasilkan lulusan terbaik yang siap kerja.Penghargaan kecil maupun besar pun telah diperoleh dosen dan mahasiswa serta kampus. Kerja sama dengan organisasi Dunia (UNESCO) pun telah didapatkan pihak PGSD UMK .Diantara banyak perguruan tinggi swasta di Indonesia UMK termasuk 8 universitas yang menerima program kerjasama dengan UNESCO 2010 silam. Oleh karena itu, masyarakat setidaknya tidak berpikiran negatif akan buruknya universitas swasta.

No comments: