Sunday, November 10, 2013

Membuat materi tematik IPS SD Kelas VI


Mata Kuliah Aplikasi IPS PGSD FKIP UMK (2012 33 178)

Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

KOMPETENSI INTI KELAS VI
  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
  4. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain

MENDAPAT MATERI KELAS VI IPS KD 1.1
Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik
MEMILIH TEMA Persatuan dalam Perbedaan
MENTEMATIKAN BEBERAPA MAPEL SD YANG RELEVAN
Pendidikan Agama KD 2.3
Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman isi kandungan Q.S. Al-Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5):2
Bahasa Indonesia KD 3.3
Menguraikan isi teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
PKn KD 4.4
Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam kesatuan pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya
Seni Budaya dan Prakarya
KD 4.6 Menyanyikan lagu daerah dua suara dengan iringan
Mengalokasikan waktu
Cara : Jumlah JP Kelas … Tiap minggu / Jumlah KD x 35 menit
Jumlah JP Kelas VI Tiap minggu / Jumlah KD x 35 menit
36 / 5 x 35 menit
7,2 x 35 menit
7 JP x 35 menit
Ket : JP = Jam Pelajaran
Membuat materi tematik
Contoh :
(Hasil tugas makul Aplikasi IPS Prodi PGSD thn 2013)












Mari Mengamati!
Perhatikan dan amati dengan cermat gambar di atas dan jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
  1. Menurut pendapatmu, gambar apakah yang kamu amati di atas?
  2. Jenis pakaian apa yang dikenakan pada gambar tersebut?
  3. Dari gambar di atas, sebutkan pakaian dari daerah mana saja?
  4. Bisakah kamu ceritakan bagaimana perasaanmu seandainya kamu sedang mengenakan pakaian daerah tersebut?

Mari kita ikuti cerita temanmu ketika di sekolahnya diadakan sebuah acara PERPISAHAN dengan tema Keanekaragaman Budaya Indonesia dan ASEAN untuk menghargai keanekaragaman budaya Indonesia

Budayaku Budayamu Budaya Kita Indonesia Bersatu
Dalam sebuah perpisahan kelas VI, Ibu guru telah mempersiapkan acara perpisahan Gelar Budaya Indonesia dan Negara Asean. Kelas telah dibagi menjadi 10 kelompok Negara Asean. Putri dan kelima satu kelompok mendapatkan negara Indonesia dan akan memakai pakaian adat daerah Indonesia. Pakaian adat yang mereka pakai adalah berdasarkan undian yang dilakukan ibu guru sebelumnya. Putri dan Dimas mendapat pakaian adat Jawa Tengah, Dion dan Dewi mendapat pakaian adat Sumatera Barat. Sedangkan Jeni dan Joni, mendapat pakaian adat Kalimantan Selatan.
Putri : “Jen… kenapa kamu merenung sedih ?”
Jeni : “Aku ingin memakai pakaian adat Jawa seperti kamu Put… aku kan bukan orang Kalimantan”
Joni : “Aku juga bukan orang Kalimantan Jen aku orang Sumatera.. tetapi aku bangga.. karena akhirnya aku bisa memakai pakaian adat Kalimantan padahal aku belum pernah ke sana.. Oya Jen… Kalimantan kan juga termasuk bagian yang dibanggakan Indonesia…”
Dion : “Iya Jen.. kita seharusnya bangga walau kita dari adat Jawa tapi kita bisa merasakan budaya lain dari Nusantara kita ini.”
Dewi : “Ayahku orang Bali Jen tapi senang dengan adat Sumatera. Seharusnya kita harus bisa melestarikan kebudayaan daerah Indonesia Jen.. agar tidak diambil oleh Negara tetangga..”
Jeni : “Iya juga ya teman-teman maaf ya atas sikap Jeni tadi…”
Dimas : “Yuk kita lestarikan budaya Indonesia teman-teman karena Budayaku Budayamu Budaya Kita Indonesia Bersatu”

Jeni : Nah.. teman-teman bagaimana… apa yang harus kita lakukan terhadap kesempatan yang telah diberikan oleh Allah SWT dalam kehidupan ini menjadi bangsa Indonesia…??
NO
Yang dimiliki Nusantara Kita
Yang harus kita lakukan
1.
Keanekaragaman suku bangsa


2.
Keanekaragaman pakaian adat


3.




4.




5.








Menyambut acara perpisahan kelas VI lusa Joni, Putri dan kawan-kawan melakukan latihan bersama-sama. Putri dan Dimas berniat menyanyikan lagu adat Jawa bersama, Saya sendiri, Joni sebagai ketua kelas telah mempersiapkan pidato cinta tanah air yang akan disampaikan pada waktu acara perpisahan, sedangkan Dion, Dewi, dan Jeni akan menampilkan tarian, namun mereka bertiga masih bingung akan menampilkan tarian daerah mana.
Dimas : Kalau begitu kita bantu Dion, Dewi, dan Jeni mencari tarian adat Nusantara
Mari kita bantu Dion, Dewi, dan Jeni mencari tarian adat Nusantara.
No
Tarian Daerah
Sumatera
Jawa dan Bali
Kalimantan
Sulawesi
Maluku, Papua
1.





2.





3.





4.





5.





6.





7.





8.





9.





10.






Dion : Dimas, Putri, dan teman-teman terima kasih ya sudah membantu mencarikan tari daerah di Indonesia… Oya kalian mau menyanyikan lagu dari Jawa yang mana lagu dari Jawa kan banyak
Putri : Iya nih.. apa ya… teman-teman bisa bantu menyebutkan judul lagu-lagu dari daerah Jawa
Mari kita bantu Dimas dan Putri mencari lagu daerah Jawa

Lagu Daerah
Banten
DKI Jakarta
Jawa Barat
Jawa Tengah
DIY
Jawa Timur































Dimas : Putri… karena kita dari Jawa Tengah, sebaiknya kita mencoba lagu dari DKI Jakarta. Bagaimana kalau kincir-kincir?
Putri : Tetapi aku tidak begitu hafal.. teman – teman bantu menghafal yuk

kicir kicir ini lagunya
lagu lama ya tuan dari jakarta
saya menyanyi ya tuan memang sengaja
untuk menghibur menghibur hati nan duka
burung dara burung merpati
terbang cepat ya tuan tiada tara
bilalah kita ya tuan suka menyanyi
badanlah sehat ya tuan hati gembira
buah mangga enak rasanya
si manalagi ya tuan paling ternama
siapa saja ya tuan rajin bekerja
pasti menjadi menjadi warga berguna



Teman – teman Keragaman suku bangsa dan budaya daerah merupakan wujud nyata dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Oleh karena itu, wajib dilestarikan sehingga mencerminkan rasa persatuan bangsa.
Apa sih Bhineka Tunggal Ika itu ?
  1. Makna Bhinneka Tunggal Ika
”Bhinneka Tunggal Ika” Artinya walaupun berbeda-beda suku, adat, budaya dan bahasa daerahnya, tetapi tetap satu yaitu bangsa Indonesia. Bhinneka Tungal Ika diambil dari buku Sutasoma karangan Empu Tantular. Seorang pujangga pada masa pemerintahan Majapahit. Kalimat selengkapnya adalah “Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa”. Artinya, walaupun berbeda tetapi tetap satu jua adanya karena tidak ada agama yang tujuannya berbeda. Kerukunan hidup bangsa tercipta dan berkembang sejak dahulu.
2. Persatuan dan Kesatuan
Keragaman suku bangsa dan budaya merupakan kekuatan. Hal ini tidak terpisahkan dalam kehidupan bernegara. Sejarah telah membuktikan persatuan dan kesatuan bangsa, ternyata dapat mengusir penjajah. Ketika bangsa Indonesia mengalami kegagalan. Dikarenakan kita belum bersatu. Pada saat itu kita masih bercerai-berai. Keadaan tersebut menyebabkan perjuangan mudah untuk dipatahkan.
Teman-teman tahu tidak walaupun kita dari satu kelompok satu sekolah, namun kita masing-masing mempunyai adat yang berbeda. Saya sendiri Dewi asli Bali beragama Hindu, Ada Joni yang dari Sumatera Utara. Kalau Dimas, Putri, dan Jeni asli Jawa sedangkan Dion sendiri asli Sunda beragama Katolik.
No
Apa yang kita lakukan bila berbeda Agama
dengan teman sekelompok kita
1.


2.


3.


4.


5.


6.








Teman-teman sesuai dengan surah Al- Kaafirun ayat 6

Di dalam ayat ini yang lebih di tekankan adalah. Rasulullah S.A.W dan umatnya tidak akan menyembah Tuhan orang-orang kafir karena agama mereka bersifat menolak, ingkar, tidak dipercaya, dan mendustakan ayat-ayat dan syariat agama Allah S.W.T

Pidato persuasif ditunjukukan agar orang mempercayai sesuatu, melakukannya atau terbakar semangat dan antusiasmenya. Keyakinan dan tindakan semangat adalah bentuk reaksi yang diharapkan. Bila khalayak tidak mungkin dapat bertindak karena tidak ada kemampuan untuk itu, mereka diharapkan memiliki keyakinan saja tentang proposisi yang kita ajukan
Bantu Dion menguraikan pidato persuasif berikut

Teks Pidato Cinta Tanah Air Indonesia


Yang terhormat Kepala SD 1 Wergu Kulon Kudus
Yang terhormat Komite SD 1 Wergu Kulun Kudus
Serta tamu undang para orang tua wali yang berbahagia
Tak terlupakan teman-teman yang aku sayangi
Assalamu’alaikum wr.wb
Pertama-tama marilah kita panjatan puja dan piji syukur kita atas kehadirat Allah swt. yang telah melimpahkan nikmat dan rahmatnya sehingga kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat wal‘afiat. Sholawat serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad saw. yang telah membawa kita dari zaman kebodohan menuju zaman ilmu pengetahuan seperti sekarang ini.
Teman-temanku yang aku cintai
Saya berdiri disini akan menyampaikan sebuah pidato saya yang berjudul :
CINTA TANAH AIRKU INDONESIA”
Teman-temanku yang berbahagia
68 tahun Indonesia telah bangkit dari penjajahan dengan ditandai prokamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 agustus 1945 untuk MERDEKA.
Setelah itu sebagai putra putri bangsa apakah kita akan diam saja tidak melanjutkan perjuangan, jawabnya adalah Tidak,. Maka dari itu marilah kita sebagai pelajar, marilah kita belajar, belajar, dan masuklah sekolah dengan rajin, jangan suka bolos dan kluyuran tanpa tujuan, kurangilah bermain game, apalagi melakukan hal-hal yang merugikan gunakan waktu kita yang kosong untuk kursus ataupun ngaji dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang mendukung sekolah kita, karena apa teman-teman, karena ahli hikmah mengatakan
Syubbanul Yaum Rijalul Ghot
Pemuda hari ini adalah pemiimpin di masa yang akan datang “
Teman-teman yang aku cintai
Ini adalah bentuk wujud kecintaan kita terhadap tanah air Indonesia karena pada nantinya kita semua yang ada di sini adalah calon pemimpin masa depan yang memimpin indonesia di masa yang akan datang.
Menjadi pemimpin tidak harus menjadi ketua kelas, ketua Osis, Pembina, Presiden, Gubenur ataupun menjadi Bupati, akan tetapi menjadi pemimpin adalah bisa menjadi orang yang bisa membawa kebaikan bagi orang yang ada disekitarnya, karena dengan begitu Indonesia akan semakin baik, adil makmur dan sejahtera sebagaimana yang di harapankan para pejuang yang telah mendahui kita.
Teman – temanku yang aku cintai
Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negeri yang terkenal dengan keanekaragamannya. Terdapat ratusan bahkan lebih suku bangsa yang ada di bumi Indonesia. Dari suku-suku ini kemudian terbentuk suatu budaya yang berbeda antara satu sama lain.
Akan tetepi jika kita di suruh untuk menyebutkan buda-budaya kita, jawaban kita mungkin “bisa dihitung dengan jari” seolah-olah sebagai penerus generasi bangsa seakan-akan kita tidak peduli terhadap budaya kita sendiri. Padahal seharusnya kita harus melestarikannya bukan malah mengabaikannya.
Di era globalisasi ini budaya budaya barat sangat mudah masuk ke Indonesia. Budaya barat ini tumbuh dan berkembang dengan pesat di Indonesia. Dan kita sebagai generasi muda, seakan lebih menyukai budaya barat ketimbang budaya asli kita. Kita merasa lebih Percaya Diri dan merasa lebih gaul jika meniru budaya barat. Makanya tidak salah jika budaya kita di klaim atau di akui oleh Negara lai seperti malaisya contohnya reog dan tari pendet.
Jika memang wayang kulit salah satu budaya yang kita miliki mengapa harus malu untuk menontonnya? Jika memang batik itu juga bagian dari budaya kita, mengapa merasa malu memakainya?.
Teman – temanku yang aku cintai
Sebuah pepatah menyatakan “ Hubbul Wathon Minal Imaan” Cinta tanah air sebagian dari Iman. Maka dari itu jika kita masih merasa bahwa kita masih memiliki iman maka dari itu wajib hukumnya bagi kita untuk mencintai tanah air kita menjaga kehormatannya dan keutuhannya. Karena dengan bigitu Negara kita akan menjadi negara yang besar dan terhormat di mata dunia. Amin – amin ya robbal alamin “Masa depan bangsa adalah tanggung jawab kita sebagai enerus bangsa.”
Sekian apa yang dapat saya sampaikan, kurang lebihyamohon dima’afkan..
Wabillahi taufiq wal hidayah
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh….


Perenungan

1. Apa saja yang saya pelajari hari ini?
2. Bagaimana pendapat saya mengenai pembelajaran hari ini?
3. Apa saja yang bisa diperbaiki agar pembelajaran lebih menarik?





DAFTAR PUSTAKA
Atlas Indonesia & Dunia, Surabaya: CV. Pustaka Agung Harapan
Adi, Satyo. (2009) RPUL (Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap). Solo: Bringin 55
Rangkuti,R.E.,dkk.(2010). Kumpulan Lagu-Lagu daerah.______: _______.
Sya’roni, I., & Nurhidayah, U. (2012) Buku Pintar Mengenal Budaya Nusantara. ____: World Kids
Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Keempat). (2012). Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama.

Karsidi. (2012). Bahasa Indonesia untuk kelas VI SD dan MI. Jakarta: Global

Budi, Y. dkk. (2013). Detik-detik ujian nasional tahun pelajaran 2011/2012. Klaten: PT. Intan Pariwara.

Freeware © Hak cipta hanya milik Allah SWT.(2004). Surah Al-Kaafirun, Al-Quran Digital versi 2.0

Kegiatan selanjutnya membuat Silabus Tematik, RPP, dan Media Pembelajaran

No comments: