Mata
Kuliah Aplikasi IPS PGSD FKIP UMK (2012 33 178)
Standar
Kompetensi Lulusan (SKL)
KOMPETENSI
INTI KELAS VI
- Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
MENDAPAT
MATERI KELAS VI IPS
KD 1.1
Menerima
karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa
Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi,
budaya dan politik
MEMILIH
TEMA Persatuan dalam Perbedaan
MENTEMATIKAN
BEBERAPA MAPEL SD YANG RELEVAN
Pendidikan Agama KD 2.3
Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implementasi
dari pemahaman isi kandungan Q.S. Al-Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5):2
Bahasa Indonesia
KD 3.3
Menguraikan isi
teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan
serta layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku
PKn KD 4.4
Menerapkan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam kesatuan
pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya
Seni
Budaya dan Prakarya
KD
4.6 Menyanyikan lagu daerah dua suara dengan iringan
Mengalokasikan
waktu
Cara : Jumlah JP
Kelas … Tiap minggu / Jumlah KD x 35 menit
Jumlah JP Kelas
VI Tiap minggu / Jumlah KD x 35 menit
36 / 5 x 35
menit
7,2 x 35
menit
7 JP x 35 menit
Ket : JP = Jam
Pelajaran
Membuat materi
tematik
Contoh :
(Hasil tugas
makul Aplikasi IPS Prodi PGSD thn 2013)
Mari Mengamati!
Perhatikan
dan amati dengan cermat gambar di atas dan jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
- Menurut pendapatmu, gambar apakah yang kamu amati di atas?
- Jenis pakaian apa yang dikenakan pada gambar tersebut?
- Dari gambar di atas, sebutkan pakaian dari daerah mana saja?
- Bisakah kamu ceritakan bagaimana perasaanmu seandainya kamu sedang mengenakan pakaian daerah tersebut?
Mari
kita ikuti cerita temanmu ketika di sekolahnya diadakan sebuah acara
PERPISAHAN dengan tema Keanekaragaman Budaya Indonesia dan ASEAN
untuk menghargai keanekaragaman budaya Indonesia
Budayaku Budayamu
Budaya Kita Indonesia Bersatu
Dalam
sebuah perpisahan kelas VI, Ibu guru telah mempersiapkan acara
perpisahan Gelar Budaya Indonesia dan Negara Asean. Kelas telah
dibagi menjadi 10 kelompok Negara Asean. Putri dan kelima satu
kelompok mendapatkan negara Indonesia dan akan memakai pakaian adat
daerah Indonesia. Pakaian adat yang mereka pakai adalah berdasarkan
undian yang dilakukan ibu guru sebelumnya. Putri dan Dimas mendapat
pakaian adat Jawa Tengah, Dion dan Dewi mendapat pakaian adat
Sumatera Barat. Sedangkan Jeni dan Joni, mendapat pakaian adat
Kalimantan Selatan.
Putri : “Jen…
kenapa kamu merenung sedih ?”
Jeni : “Aku ingin memakai pakaian adat Jawa seperti kamu Put…
aku kan bukan orang Kalimantan”
Joni : “Aku juga bukan orang Kalimantan Jen aku orang
Sumatera.. tetapi aku bangga.. karena akhirnya aku bisa memakai
pakaian adat Kalimantan padahal aku belum pernah ke sana.. Oya Jen…
Kalimantan kan juga termasuk bagian yang dibanggakan Indonesia…”
Dion : “Iya Jen.. kita seharusnya bangga walau kita dari adat
Jawa tapi kita bisa merasakan budaya lain dari Nusantara kita ini.”
Dewi : “Ayahku orang Bali Jen tapi senang dengan adat Sumatera.
Seharusnya kita harus bisa melestarikan kebudayaan daerah Indonesia
Jen.. agar tidak diambil oleh Negara tetangga..”
Jeni : “Iya
juga ya teman-teman maaf ya atas sikap Jeni tadi…”
Dimas : “Yuk kita lestarikan budaya Indonesia teman-teman karena
Budayaku Budayamu Budaya Kita Indonesia Bersatu”
Jeni : Nah..
teman-teman bagaimana… apa yang harus kita lakukan terhadap
kesempatan yang telah diberikan oleh Allah SWT dalam kehidupan ini
menjadi bangsa Indonesia…??
NO |
Yang dimiliki
Nusantara Kita |
Yang harus kita
lakukan |
1. |
Keanekaragaman suku bangsa |
|
2. |
Keanekaragaman pakaian adat |
|
3. |
|
|
4. |
|
|
5. |
|
|
Menyambut
acara perpisahan kelas VI lusa Joni, Putri dan kawan-kawan melakukan
latihan bersama-sama. Putri dan Dimas berniat menyanyikan lagu adat
Jawa bersama, Saya sendiri, Joni sebagai ketua kelas telah
mempersiapkan pidato cinta tanah air yang akan disampaikan pada waktu
acara perpisahan, sedangkan Dion, Dewi, dan Jeni akan menampilkan
tarian, namun mereka bertiga masih bingung akan menampilkan tarian
daerah mana.
Dimas : Kalau
begitu kita bantu Dion, Dewi, dan Jeni mencari tarian adat
Nusantara
Mari
kita bantu Dion,
Dewi, dan Jeni mencari tarian adat Nusantara.
No
|
Tarian
Daerah
|
||||
Sumatera
|
Jawa dan Bali
|
Kalimantan
|
Sulawesi
|
Maluku, Papua
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
Dion : Dimas,
Putri, dan teman-teman terima kasih ya sudah membantu mencarikan tari
daerah di Indonesia… Oya kalian mau menyanyikan lagu dari Jawa yang
mana lagu dari Jawa kan banyak
Putri : Iya
nih.. apa ya… teman-teman bisa bantu menyebutkan judul lagu-lagu
dari daerah Jawa
Mari
kita bantu Dimas dan
Putri mencari lagu daerah Jawa
Lagu
Daerah
|
|||||
Banten
|
DKI Jakarta
|
Jawa Barat
|
Jawa Tengah
|
DIY
|
Jawa Timur
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dimas : Putri…
karena kita dari Jawa Tengah, sebaiknya kita mencoba lagu dari DKI
Jakarta. Bagaimana kalau kincir-kincir?
Putri : Tetapi
aku tidak begitu hafal.. teman – teman bantu menghafal yuk
kicir kicir ini lagunya
lagu lama ya tuan dari jakarta
saya menyanyi ya tuan memang sengaja
untuk menghibur menghibur hati nan duka
burung dara burung merpati
terbang cepat ya tuan tiada tara
bilalah kita ya tuan suka menyanyi
badanlah sehat ya tuan hati gembira
buah mangga enak rasanya
si manalagi ya tuan paling ternama
siapa saja ya tuan rajin bekerja
pasti menjadi menjadi warga berguna
lagu lama ya tuan dari jakarta
saya menyanyi ya tuan memang sengaja
untuk menghibur menghibur hati nan duka
burung dara burung merpati
terbang cepat ya tuan tiada tara
bilalah kita ya tuan suka menyanyi
badanlah sehat ya tuan hati gembira
buah mangga enak rasanya
si manalagi ya tuan paling ternama
siapa saja ya tuan rajin bekerja
pasti menjadi menjadi warga berguna
Teman –
teman Keragaman suku bangsa dan budaya daerah merupakan wujud nyata
dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Oleh karena itu, wajib
dilestarikan sehingga mencerminkan rasa persatuan bangsa.
Apa sih
Bhineka Tunggal Ika itu ?
- Makna Bhinneka Tunggal Ika
”Bhinneka Tunggal Ika” Artinya walaupun berbeda-beda suku, adat,
budaya dan bahasa daerahnya, tetapi tetap satu yaitu bangsa
Indonesia. Bhinneka Tungal Ika diambil dari buku Sutasoma karangan
Empu Tantular. Seorang pujangga pada masa pemerintahan Majapahit.
Kalimat selengkapnya adalah “Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma
Mangrwa”. Artinya, walaupun berbeda tetapi tetap satu jua adanya
karena tidak ada agama yang tujuannya berbeda. Kerukunan hidup bangsa
tercipta dan berkembang sejak dahulu.
2. Persatuan dan Kesatuan
Keragaman suku bangsa dan budaya merupakan kekuatan. Hal ini tidak
terpisahkan dalam kehidupan bernegara. Sejarah telah membuktikan
persatuan dan kesatuan bangsa, ternyata dapat mengusir penjajah.
Ketika bangsa Indonesia mengalami kegagalan. Dikarenakan kita belum
bersatu. Pada saat itu kita masih bercerai-berai. Keadaan tersebut
menyebabkan perjuangan mudah untuk dipatahkan.
Teman-teman
tahu tidak walaupun kita dari satu kelompok satu sekolah, namun kita
masing-masing mempunyai adat yang berbeda. Saya sendiri Dewi asli
Bali beragama Hindu, Ada Joni yang dari Sumatera Utara. Kalau Dimas,
Putri, dan Jeni asli Jawa sedangkan Dion sendiri asli Sunda beragama
Katolik.
No
|
Apa
yang kita lakukan bila berbeda Agama
dengan
teman sekelompok kita
|
1. |
|
2. |
|
3. |
|
4. |
|
5. |
|
6. |
|
Teman-teman
sesuai dengan surah Al- Kaafirun ayat 6
Di dalam ayat ini
yang lebih di tekankan adalah. Rasulullah S.A.W dan umatnya tidak
akan menyembah Tuhan orang-orang kafir karena agama mereka bersifat
menolak, ingkar, tidak dipercaya, dan mendustakan ayat-ayat dan
syariat agama Allah S.W.T
Pidato
persuasif ditunjukukan agar orang mempercayai sesuatu, melakukannya
atau terbakar semangat dan antusiasmenya. Keyakinan dan tindakan
semangat adalah bentuk reaksi yang diharapkan. Bila khalayak tidak
mungkin dapat bertindak karena tidak ada kemampuan untuk itu, mereka
diharapkan memiliki keyakinan saja tentang proposisi yang kita ajukan
Bantu Dion menguraikan
pidato persuasif berikut
Teks Pidato Cinta Tanah Air Indonesia
Yang terhormat Kepala SD 1 Wergu Kulon Kudus
Yang terhormat Komite SD 1 Wergu Kulun Kudus
Serta tamu undang para orang tua wali yang berbahagia
Tak terlupakan teman-teman yang aku sayangi
Assalamu’alaikum wr.wb
Pertama-tama marilah kita panjatan puja dan piji syukur kita atas
kehadirat Allah swt. yang telah melimpahkan nikmat dan rahmatnya
sehingga kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat wal‘afiat.
Sholawat serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan
kita nabi besar Muhammad saw. yang telah membawa kita dari zaman
kebodohan menuju zaman ilmu pengetahuan seperti sekarang ini.
Teman-temanku yang aku cintai
Saya berdiri disini akan menyampaikan sebuah pidato saya yang
berjudul :
“CINTA TANAH AIRKU INDONESIA”
Teman-temanku yang berbahagia
68 tahun Indonesia telah bangkit dari penjajahan dengan ditandai
prokamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 agustus 1945
untuk MERDEKA.
Setelah itu sebagai putra putri bangsa apakah kita akan diam saja
tidak melanjutkan perjuangan, jawabnya adalah Tidak,. Maka dari itu
marilah kita sebagai pelajar, marilah kita belajar, belajar, dan
masuklah sekolah dengan rajin, jangan suka bolos dan kluyuran tanpa
tujuan, kurangilah bermain game, apalagi melakukan hal-hal yang
merugikan gunakan waktu kita yang kosong untuk kursus ataupun ngaji
dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang mendukung sekolah kita, karena
apa teman-teman, karena ahli hikmah mengatakan
Syubbanul Yaum Rijalul Ghot
“Pemuda hari ini adalah pemiimpin di masa yang akan datang “
Teman-teman yang aku cintai
Ini adalah bentuk wujud kecintaan kita terhadap tanah air
Indonesia karena pada nantinya kita semua yang ada di sini adalah
calon pemimpin masa depan yang memimpin indonesia di masa yang akan
datang.
Menjadi pemimpin tidak harus menjadi ketua kelas, ketua Osis,
Pembina, Presiden, Gubenur ataupun menjadi Bupati, akan tetapi
menjadi pemimpin adalah bisa menjadi orang yang bisa membawa kebaikan
bagi orang yang ada disekitarnya, karena dengan begitu Indonesia akan
semakin baik, adil makmur dan sejahtera sebagaimana yang di
harapankan para pejuang yang telah mendahui kita.
Teman – temanku yang aku cintai
Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negeri yang terkenal
dengan keanekaragamannya. Terdapat ratusan bahkan lebih suku bangsa
yang ada di bumi Indonesia. Dari suku-suku ini kemudian terbentuk
suatu budaya yang berbeda antara satu sama lain.
Akan tetepi jika kita di suruh untuk menyebutkan buda-budaya kita,
jawaban kita mungkin “bisa dihitung dengan jari” seolah-olah
sebagai penerus generasi bangsa seakan-akan kita tidak peduli
terhadap budaya kita sendiri. Padahal seharusnya kita harus
melestarikannya bukan malah mengabaikannya.
Di era globalisasi ini budaya budaya barat sangat mudah masuk ke
Indonesia. Budaya barat ini tumbuh dan berkembang dengan pesat di
Indonesia. Dan kita sebagai generasi muda, seakan lebih menyukai
budaya barat ketimbang budaya asli kita. Kita merasa lebih Percaya
Diri dan merasa lebih gaul jika meniru budaya barat. Makanya tidak
salah jika budaya kita di klaim atau di akui oleh Negara lai seperti
malaisya contohnya reog dan tari pendet.
Jika memang wayang kulit salah satu budaya yang kita miliki mengapa
harus malu untuk menontonnya? Jika memang batik itu juga bagian dari
budaya kita, mengapa merasa malu memakainya?.
Teman – temanku yang aku cintai
Sebuah pepatah menyatakan “ Hubbul Wathon Minal Imaan” Cinta
tanah air sebagian dari Iman. Maka dari itu jika kita masih merasa
bahwa kita masih memiliki iman maka dari itu wajib hukumnya bagi kita
untuk mencintai tanah air kita menjaga kehormatannya dan keutuhannya.
Karena dengan bigitu Negara kita akan menjadi negara yang besar dan
terhormat di mata dunia. Amin – amin ya robbal alamin “Masa depan
bangsa adalah tanggung jawab kita sebagai enerus bangsa.”
Sekian apa yang dapat saya sampaikan, kurang lebihyamohon
dima’afkan..
Wabillahi taufiq wal hidayah
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh….
Perenungan
1.
Apa saja yang saya pelajari hari ini?
2.
Bagaimana pendapat saya mengenai pembelajaran hari ini?
3.
Apa saja yang bisa diperbaiki agar pembelajaran lebih menarik?
DAFTAR PUSTAKA
Atlas Indonesia & Dunia, Surabaya:
CV. Pustaka Agung Harapan
Adi, Satyo. (2009) RPUL (Rangkuman
Pengetahuan Umum Lengkap). Solo: Bringin 55
Rangkuti,R.E.,dkk.(2010). Kumpulan
Lagu-Lagu daerah.______: _______.
Sya’roni, I., &
Nurhidayah, U. (2012) Buku Pintar Mengenal Budaya Nusantara. ____:
World Kids
Kamus
Besar Bahasa Indonesia (Edisi Keempat).
(2012). Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama.
Karsidi.
(2012). Bahasa Indonesia untuk kelas VI SD dan MI. Jakarta: Global
Budi,
Y. dkk. (2013). Detik-detik
ujian nasional tahun pelajaran 2011/2012.
Klaten: PT. Intan Pariwara.
Freeware
© Hak cipta hanya milik Allah SWT.(2004). Surah
Al-Kaafirun, Al-Quran Digital versi 2.0
Kegiatan selanjutnya membuat Silabus
Tematik, RPP, dan Media Pembelajaran
No comments:
Post a Comment