Nama :
Swastantika Kumaladevi
NIM
: 2012 33 178
Kelas
: III D
TUGAS
METODOLOGI PENELITIAN 3
Membuat
pedoman observasi, pedoman wawancara, angket, dan tes
PENGARUH MEDIA CERITA BERGAMBAR
DENGAN METODE THINK PAIR AND SHARE
TERHADAP KREATIFITAS SISWA SD
DALAM MENULIS PUISI
Variabel
bebas : Media Cerita
bergambar, Metode Think Pair and
Share
Variabel
terikat : Kreatifitas
siswa dalam menulis puisi
1. Pedoman
Observasi
PEDOMAN OBSERVASI “CHECK LIST”
(INDIVIDUAL)
I.
IDENTITAS
SUBYEK
1.
Nama
:
2. Kelas/Program
:
3. No.
induk/absen :
4. Tempat/tgl lahir :
5. Hari/tgl
observasi :
6. Tempat
observasi :
7.
Waktu
:
II.
ASPEK YANG
DIAMATI
: Kreatifitas siswa
SD dalam menulis Puisi
III.
PETUNJUK
: Berikan tanda cek
(√) pada kolom yang sesuai dengan pernyataan atau gejala yang nampak pada
individu yang diobservasi.
No.
|
Pernyataan/ Indikator
|
Hasil Observasi
|
1 | Mempersiapkan materi puisi | |
2 | Mempersiapkan alat tulis | |
3 | Memperhatikan penjelasan guru | |
4 | Kesiapan dalam membuat puisi | |
5 | Keseriusan menyimak cerita bergambar | |
6 | Keseriusan membuat puisi secara individu | |
7 | Keaktifan dalam diskusi kelompok | |
8 | Keaktifan dalam menyampaikan pendapat | |
9 | Kekompakan dalam berfikir bersama | |
10 | Kedisiplinan mengerjakan tugas | |
Total skor (f)
|
||
Jumlah skor maksimal (M)
|
10
|
Observer
Swastantika Kumaladevi
2. Pedoman Wawancara
Sumber :
Siswa Kelas V SD se-Karesidenan Pati
1. Tanggal wawancara
:
2. Waktu wawancara
:
3. Lokasi wawancara
:
Identitas Siswa :
Nama :
Kelas :
Identitas Siswa :
Nama :
Kelas :
No.
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1.
|
Apakah yang anda ketahui mengenai menulis?
|
|
2.
|
Apakah yang anda ketahui mengenai puisi ?
|
|
3.
|
Apakah anda suka dengan hasil karya satra puisi?
|
|
4.
|
Apakah anda pernah menulis puisi karangan sendiri?
|
|
5.
|
Berapa kali dalam satu minggu anda menulis puisi?
|
|
6.
|
Waktu kapan dan dimana anda sering menulis puisi?
|
|
7.
|
Bagaimana cara anda menulis karangan sebuah puisi
?
|
|
8.
|
Apakah menulis puisi itu sulit ?
|
|
9.
|
Apakah anda ingin bisa kreatif menulis puisi?
|
|
10.
|
Mengapa anda (ingin/tidak ingin) kreatif menulis
puisi?
|
Kesimpulan : ................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Kudus,
8 Nopember 2013
Observer
Swastantika
Kumaladevi
3. Angket
Pertanyaan Tertutup
Judul: Pengaruh
media cerita bergambar dengan metode think pair and share terhadap
kreatifitas siswa SD dalam menulis puisi
a. Identitas Responden
Nama :Umur :
Kelas :
b.
Teknis Pengisian
Jawablah setiap pertanyaan di bawah
ini yang Anda anggap paling tepat dengan cara memberikan tanda silang (x) pada huruf jawaban.
NO.
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
||
YA
|
MUNGKIN
|
TIDAK
|
||
1.
|
Apakah anda pernah melihat karya sastra Puisi?
|
a
|
b
|
c
|
2.
|
Apakah anda menyukai karya sastra puisi?
|
a
|
b
|
c
|
3.
|
Apakah anda dapat menulis puisi ?
|
a
|
b
|
c
|
4.
|
Apakah anda mengalami kesulitan dalam menulis puisi
?
|
a
|
b
|
c
|
5.
|
Apakah anda ingin lancar menulis puisi ?
|
a
|
b
|
c
|
Kesimpulan :
...........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
Kudus,
8 Nopember 2013
Observer
Swastantika
Kumaladevi
4. Tes
a.
Identitas Responden
Nama :Umur :
Kelas :
b. Teknis Pengisian
Dalam
penelitian ini, tes yang digunakan berupa tes prestasi dengan menggunakan
instrumen berupa soal-soal tes isian. Tes digunakan untuk mengukur peningkatan hasil
belajar siswa setelah membuat puisi dengan media cerita gambar dan metode think
pair and share. Jenis instrument
tes ini berupa tes objektif.
1. Apa judul cerita bergambar yang
disampaikan oleh guru dan bagaimana ceritanya?
Jawab : ………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
2. Jelaskan pesan yang terkandung dalam cerita
bergambar tersebut !
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Apakah yang dimaksud dengan puisi ! Sebutkan
ciri-ciri puisi !
Jawab :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Tulis kembali puisi yang telah kamu buat,
tunjukan ada berapa bait dan baris pada puisimu!
Jawab :
……………………………………………………………………..………………………………………………………………………
5. Tukarlah puisimu dengan puisi teman
sekelompokmu, jelaskan amanat yang terkandung dalam puisi temanmu!
Jawab : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kesimpulan :
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
Kudus, 8 Nopember 2013
Observer
Swastantika Kumaladevi
No comments:
Post a Comment