Saturday, November 9, 2013

Membuat Intrument Penelitian


Nama  : Swastantika Kumaladevi
NIM    : 2012 33 178
Kelas  : III D
TUGAS METODOLOGI PENELITIAN 3
Membuat pedoman observasi, pedoman wawancara, angket, dan tes
PENGARUH MEDIA CERITA BERGAMBAR
DENGAN METODE THINK PAIR AND SHARE
TERHADAP  KREATIFITAS SISWA SD
DALAM MENULIS PUISI
Variabel  bebas          : Media Cerita bergambar, Metode Think Pair and Share
Variabel terikat          : Kreatifitas siswa dalam menulis puisi

1.   Pedoman Observasi
PEDOMAN OBSERVASI “CHECK LIST
(INDIVIDUAL)
                    I.            IDENTITAS SUBYEK                                                   
1.   Nama                           :
2.   Kelas/Program             :
3.   No. induk/absen           :
4.   Tempat/tgl lahir :
5.   Hari/tgl observasi          :
6.   Tempat observasi         :
7.   Waktu                          :
                 II.            ASPEK YANG DIAMATI            :           Kreatifitas siswa SD dalam menulis Puisi
               III.            PETUNJUK                                  :           Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sesuai dengan pernyataan atau gejala yang nampak pada individu yang diobservasi.
No.
Pernyataan/ Indikator
Hasil Observasi
1 Mempersiapkan materi puisi
2 Mempersiapkan alat tulis
3 Memperhatikan penjelasan guru
4 Kesiapan dalam membuat puisi
5 Keseriusan menyimak cerita bergambar
6 Keseriusan membuat puisi secara individu
7 Keaktifan dalam diskusi kelompok
8 Keaktifan dalam menyampaikan pendapat
9 Kekompakan dalam berfikir bersama
10 Kedisiplinan mengerjakan tugas
Total skor (f)

Jumlah skor maksimal (M)
10

Kudus, 8 Nopember 2013
Observer

Swastantika Kumaladevi
2.   Pedoman Wawancara
Sumber : Siswa Kelas V SD se-Karesidenan Pati
1.      Tanggal wawancara      :
2.      Waktu wawancara        :
3.      Lokasi wawancara        :
Identitas Siswa
            :
Nama
   :
Kelas   :

No.
Pertanyaan
Jawaban
1.
Apakah yang anda ketahui mengenai menulis?

2.
Apakah yang anda ketahui mengenai puisi ?

3.
Apakah anda suka dengan hasil karya satra puisi?

4.
Apakah anda pernah menulis puisi karangan sendiri?

5.
Berapa kali dalam satu minggu anda menulis puisi?

6.
Waktu kapan dan dimana anda sering menulis puisi?

7.
Bagaimana cara anda menulis karangan sebuah puisi ?

8.
Apakah menulis puisi itu sulit ?

9.
Apakah anda ingin bisa kreatif menulis puisi?

10.
Mengapa anda (ingin/tidak ingin) kreatif menulis puisi?


Kesimpulan : ................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



Kudus, 8 Nopember 2013
Observer

Swastantika Kumaladevi


3.   Angket Pertanyaan Tertutup

Judul: Pengaruh media cerita bergambar dengan metode think pair and share terhadap  kreatifitas siswa SD dalam menulis puisi
a. Identitas Responden
Nama :
Umur :
Kelas :

b. Teknis Pengisian
Jawablah setiap pertanyaan di bawah ini yang Anda anggap paling tepat dengan cara memberikan tanda silang (x) pada huruf  jawaban.
NO.
PERTANYAAN
JAWABAN
YA
MUNGKIN
TIDAK
1.
Apakah anda pernah melihat karya sastra Puisi?
a
b
c
2.
Apakah anda menyukai karya sastra puisi?
a
b
c
3.
Apakah anda dapat menulis puisi ?
a
b
c
4.
Apakah anda mengalami kesulitan dalam menulis puisi ?
a
b
c
5.
Apakah anda ingin lancar menulis puisi ?
a
b
c

Kesimpulan : ........................................................................................................................................... ........................................................................................................................................... ........................................................................................................................................... ........................................................................................................................................... ...........................................................................................................................................



Kudus, 8 Nopember 2013
Observer

Swastantika Kumaladevi

4.   Tes
a. Identitas Responden
Nama :
Umur :
Kelas :

b. Teknis Pengisian
Dalam penelitian ini, tes yang digunakan berupa tes prestasi dengan menggunakan instrumen berupa soal-soal tes isian. Tes digunakan untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa setelah membuat puisi dengan media cerita gambar dan metode think pair and share. Jenis instrument tes ini berupa  tes objektif.
1.      Apa judul cerita bergambar yang disampaikan oleh guru dan bagaimana ceritanya?
Jawab  : ………………………………………………………………………
 ………………………………………………………………………
2.      Jelaskan pesan yang terkandung dalam cerita bergambar tersebut !
Jawab  : ……………………………………………………………………
             ………………………………………………………………………
3.      Apakah yang dimaksud dengan puisi ! Sebutkan ciri-ciri puisi !
Jawab  : ………………………………………………………………………
             ………………………………………………………………………
4.      Tulis kembali puisi yang telah kamu buat, tunjukan ada berapa bait dan baris pada puisimu!
Jawab  : ……………………………………………………………………..
             ………………………………………………………………………
5.      Tukarlah puisimu dengan puisi teman sekelompokmu, jelaskan amanat yang terkandung dalam puisi temanmu!
Jawab  : ………………………………………………………………………
             ………………………………………………………………………
Kesimpulan : ........................................................................................................................... ........................................................................................................................... ........................................................................................................................... ........................................................................................................................... ...........................................................................................................................
Kudus, 8 Nopember 2013
Observer


Swastantika Kumaladevi

No comments: