Friday, November 29, 2013

Contoh RPP Tematik IPS SD Kelas V SD



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 

Satuan Pendidikan   : SEKOLAH DASAR
Kelas / Semester     : VI / I
Tema                        : Persatuan dalam Perbedaan
Pertemuan ke          : 1 - 3
Semester                  : 1 (satu)
Alokasi waktu          : 7 JP x 35 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain

B.     KOMPETENSI DASAR
IPS
1.1       Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam  aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik.
Pendidikan Agama
2.3. Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman isi kandungan Q.S. Al-Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5):2.
Bahasa Indonesia
3.3  Menguraikan isi teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
PKn
4.4  Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam kesatuan pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya.
Seni Budaya dan Prakarya
 4.6  Menyanyikan lagu daerah dua suara dengan iringan.

C.      INDIKATOR
IPS
·         Menyebutkan beberapa kebudayaan di Indonesia
·         Mensyukuri keanekaraman budaya
·         Menghargai keanekaragaman budaya
·         Melestarikan keanekaragaman budaya
Pendidikan Agama
·         Bersikap toleran dan simpati terhadap keanekaragaman agama di Indonesia
·         Menghargai teman yang berbeda agama atau keyakinan
·         Mengetahui bacaan serta kandungan isi QS Al-Kaafirun dan QS Al Maidah (5):2
Bahasa Indonesia
·         Memahami bentuk dan penjelasan tentang teks pidato persuasive.
·         Menguraikan isi teks pidato persuasf cinta tanah air
·         Memahami kosakata baku bahasa Indonesia
PKn
·         Menyebutkan keanekaragaman budaya Indonesia
·         Memahami arti nila persatuan dan kesatuan dalam perbedaan serta arti Bhinneka Tunggal Ika
Seni Budaya dan Prakarya
·         Memahami arti lagu daerah
·         Menyebutkan judul lagu daerah di 34 propinsi di Indonesia
·         Menyanyikan salah satu lagu daerah di Indonesia secara acak
·         Menyanyi dua suara dengan iringan
D.      TUJUAN
·         Berperilaku baik (toleran,simpati dan menghargai serta mampu bekerja sama dan menjaga kekompakan)
·         Mengetahui arti dari persatuan dalam perbedaan budaya
·         Menyebutkan keanekaragaman budaya dan agama di Indonesia
·         Melestarikan budaya Indonesia dengan menyanyikan salah satu lagu daerah
·         Menguraikan isi teks pidato persuasive
·         Mensyukuri nikmat hidup dalam perbedaan

E.       MATERI
IPS
Keanekaragaman budaya di Indonesia. (TERLAMPIR)
Pendidikan Agama
Bacaan dan isi kandungan QS Al Kaafirun (TERLAMPIR)
Bacaan dan isi kandungan QS Al Maidah (5):2 (TERLAMPIR)
Bahasa Indonesia
Teks Pidato persuasive (TERLAMPIR)
Isi teks pidato persuasive (TERLAMPIR)
PKn
Persatuan dan Kesatuan Indonesia (TERLAMPIR)
Bhinneka Tunggal Ika (TERLAMPIR)
Seni Budaya dan Prakarya
     Lagu daerah (TERLAMPIR)
     Menyanyi lagu daerah (TERLAMPIR)

F.       PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan          : Student Center Learning
Strategi                 : Tematik
Teknik                  : Tematik
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, dan Ceramah

G.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
KARAKTER
ALOKASI
WAKTU
Pendahuluan
1.      Mengucapkan salam ketika masuk kelas
2.      Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan dipimpin oleh salah satu siswa
3.      Menanyakan informasi kehadiran siswa
4.      Meminta siswa memeriksa kebersihan dan kerapian seragam
5.      Meminta siswa mempersiapkan alat tulis dan buku panduan seperti Buku paket tematik,Atlas,RPULdan lainnya.
6.      Meminta informasi kepada siswa mengenai perbedaan-perbedaan diantara sesama teman. (Seperti perbedaan jenis kelamin, usia, agama, dan budaya yang dimiliki).
7.      Menginformasikan tema yang akan dipelajari yaitu tentang “PERSATUAN DALAM PERBEDAAN”
Religius
12 menit x 3 perteuan
Religius
Displin
Jujur
Tanggung jawab
Toleran

Rasa ingin tahu
Inti (Pertemuan I)
1.        Menunjukkan gambar peta Kepulauan di Indonesia, siswa melihat gambar yang ditunjukan di depan kelas dan di dalam Atlas. (eksplorasi, mengamati, menyimak dan mendengar).
2.        Siswa menerima informasi bahwa Indonesia telah memiliki 34 propinsi, setiap propinsi memiliki adat budaya dan agama yang berbeda. (eksplorasi, mengamati, menyimak dan mendengar).
3.        Guru mengelompokan tempat duduk siswa berdasarkan nama kepulauan besar di Indonesia. (6 kelompok)
4.        Guru bertanya kepada siswa mengenai keanekaragaman budaya di Indonesia yang telah diketahui (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar).
·      Guru mendengarkan jawaban siswa tentang budaya dan agama di Indonesia yang telah diketahui siswa
·      Memberikan kesempatan kepada siswa yang lain untuk menjawab
·      Pemerataan siswa dalam menjawab
·      Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban.
·      Mendorong keberanian siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi tentang benar dan tidaknya jawaban. 
5.        Siswa menerima informasi mengenai arti dari persatuan dan kesatuan dalam perbedaan serta arti dari Bhinneka Tunggal Ika yang digunakan bangsa Indonesia sebagai simbol persatuan dan kesatuan di Indonesia.
6.        Guru menanyakan kepada siswa bagaimana sikap yang dilakukan kepada teman yang berbeda budaya, adat dan agama.
7.        Guru menginformasikan kepada siswa bahwa sikap teladan yaitu toleran dan simpati serta menghargai terdapat dalam kandungan isi QS Al Kafirun dan QS Al Maidah (5):2
8.        Siswa menyimak bacaan surah tersebut yang dibacakan oleh guru, siswa menirukan bacaan surah tersebut, siswa menerima kembali informasi tentang isi kandungan surah tersebut secara lebih jelas.
9.        Guru menanyakan kepada siswa kembali mengenai apa yang dilakukan siswa terhadap perbedaan keyakinan dan budaya diantara sesama teman.
10.    Penugasan siswa mengisi Modul LKS Tematik (15 menit)
Cinta tanah air
75 menit
Cinta tanah air
bersahabat
Cinta tanah air
Semangat kebangsaan
Peduli social

Religius
Religius
bersahabat


Kreatif, tanggung jawab
Inti (Pertemuan II
2 JP x 35 menit)
1.        Mengenalkan teks pidato persuasif kepada siswa
2.        Menginformasikan kepada siswa arti dari pidato persuasif dan cara menguraikannya
3.        Memberikan contoh teks pidato persuasive cinta tanah air kepada siswa. Melatih siswa menguraikan isi pidato persuasive
4.        Penugasan kepada siswa untuk menguraikan isi teks pidato persuasive yang bertemakan Cinta Tanah Air. (Tugas dirumah, individu)
5.        Menyanyikan lagu daerah sebagai aplikasi cinta tanah air. (Rasa Sayang-sayange-Maluku)
6.        Menanyakan kepada siswa lagu - lagu daerah yang telah diketahui.
7.        Menjelaskan kepada siswa pengertian lagu daerah dan pengertian menyanyi 2 suara dengan iringan
8.        Penugasan : siswa menggolongkan lagu lagu daerah menurut lagu daerah propinsi
Rasa ingin tahu
40 menit
Rasa ingin tahu
Mandiri
Tanggung jawab
Semangat kebangsaan
Cinta tanah air
Rasa Ingin Tahu
Tanggung jawab
Inti (Pertemuan III
2 JP x 35 menit)
1.        Guru membagi amplop permainan ular tangga kecil kepada 6 kelompok yang telah dibentuk sejak hari pertama belajar tema persatuan dalam perbedaan.
2.        Guru telah menyiapkan tabel budaya Indonesia di papan tulis. Tabel tersebut akan digunakan siswa untuk portofolio penugasan kelompok.
3.        Siswa bermain ular tangga sesuai kelompoknya dan mematuhi peraturan (menyanyi, menyebutkan, menjelaskan) serta mengisi tabel di papan tulis sesuai kartu buaya yang didapat. Kemudian ditulis kembali oleh sekretaris di setiap kelompok,
4.        Secara berkelompok tabel budaya di papan tulis akan terisi oleh semua kelompok dalam arti mengisi tabel tersebut dibutuhkan kerja sama antar pulau.
5.        Penugasan pertemuan ketiga adalah tugas kelompok tabel budaya dan penilaian sikap dan pengetahuan (pengetahuan menyanyi dan menjelaskan keanekaragaman budaya)
Rasa ingin tahu
40 menit
Tanggung Jawab
Kerja Keras
Rasa ingin tahu
Tanggung Jawab
Konfirmasi
·   Sebutkan propinsi propinsi yang dimiliki Negara Indonesia!
·   Sebutkan keanekaragaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia1
·   Jelaskan maksud persatuan dalam perbedaan di Indonesia!
·   Jelaskan maksud Bhinneka tunggal Ika!
Menghatgai Prestasi
30 menit
·   Jelaskan pengertian pidato persuasive!
·   Jelaskan isi kandungan surah Al Kaafirun!
·   Apa yang kamu lakukan bila berada di antara teman yang berbeda budaya dan agama ?
Menghatgai Prestasi
·   Jelaskan yang dimaksud dengan lagu daerah !
·   Sebutkan lagu daerah yang dimiliki Indonesia!
Menghatgai Prestasi
Penutup
1.        Bersama-sama siswa mengadakan perenungan dari hasil belajar 1 tema persatuan dalam perbedaan
2.        Mengajak siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
-       Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, membaca, cara menghafalkan,dsb)
-       Apabila ada siswa yang kurang benar dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a langsung diberi nasehat agar selanjutnya bisa lebih baik


8 menit x 3 pertemuan
Religius

H.      SUMBER DAN MEDIA
  • Buku Paket, Modul Tematik IPS kelas VI SD,
  • Buku pendukung lain (RPUL, Buku lagu – lagu daerah)
  • Atlas Indonesia
  • Siswa dan Guru
  • Kartu Gambar kebudayaan (tarian adat)
  • Ular tangga budaya Indonesia
  • Buku pengembangan diri anak

I.         PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
a.      Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes tertulis dan lisan (terlampir)
2.      Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1.      Penilaian Kinerja
2.      Penilaian Produk

b.      Penilaian Hasil Belajar
1)      Pilihan Ganda
2)      Isian Singkat
3)      Esai atau uraian

Mengetahui,
Kepala Sekolah,                                                                             Guru Kelas VI



…………………..                                                                         Swastantika Kumala Devi
NIP. …………….                                                                               2012 33 178




LAMPIRAN PENILAIAN
A.    PENILAIAN NON TES:
1.      Kinerja dalam menyelesaikan tugas kelompok

No
Nama Peserta Didik
ASPEK
Jumlah
Nilai
Keaktifan
Kerja Sama
Menghargai Pendapat
Tanggung Jawab









































Keterangan Skor:
1        = kurang
2        = cukup
3        = baik
4        = sangat baik
                                                         Skor maksimal = 16
Nilai = x 100

1.   Penilaian Kinerja dalam menyelesaikan tugas presentasi
No
Nama Peserta Didik
ASPEK
Jumlah Skor
Nilai
Komunikasi
Sistematika penyampaian
Penguasaan Materi
Keberanian
Antusias


















































Keterangan Skor:


-          Komunikasi:
1.      = tidak dapat berkomunikasi
2.      = komunikasi agak lancar, tetapi sulit dimengerti
3.      = komunikasi lancar tapi sulit dimengerti
4.      = komunikasi sangat lancar, benar dan jelas
-          Sistematika Penyampaian:
1 = Tidak Sistematis
2 = Sistematis, uraian kurang, tidak jelas
3 = sistematis, uraian cukup
4 = sistematis, uraian luas, jelas



-          Wawasan:
1 = tidak menunjukkan pengetahuan
2 = sedikit memiliki pengetahuan
3 = memiliki pengetahuan/ materi kurang luas
4 = memiliki pengetahuan/ materi luas



-          Keberanian:
1 = tidak ada keberanian
2 = kurang berani
3 = berani
4 = sangat berani

-       Antusias:
1 = Tidak Antusias
2 = kurang antusias
3 = astusias tetapi kurang control
4 =  antusias terkontrol


Skor maksimal = 20
Nilai =       x 100

B.     PENILAIAN TES
A.    Pilihlahjawaban yang paling benar!
1.      Kemerdekaan Indonesia merupakan ….
a.       Hadiah dari penjajah Jepang
b.      Anugerah Tuhan Yang Maha Esa
c.       Hasil perjuangan dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa
2.      Titik akhir sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam mendirikan Negara ditandai dengan ….
a.       SumpahPemuda
b.      Pancasila
c.       Proklamasi
3.      Pentingnya bersatu ditunjukkan pada ….
a.       Tiada gading yang takretak
b.      Bhinneka Tunggal Ika
c.       Bercermin di kaca retak
4.      Apakah yang kamu lakukan saat ini untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia?
a.       Menjaga kerukunan
b.      Memaksakan kehendak
c.       Mengangkat senjata
5.      Keragaman budaya bisa dijadikan sebagai ....
a.       Pemicu pertengkaran
b.      Perekat persatuan dan kesatuan
c.       Pemisah persatuan dan kesatuan

B.     Isilah titik dibawah ini !
1.      Bhineka tunggal ika di ambil dari bahasa ... dari kitab ... karangan empu ... yang artinya .......
2.      Pulau Sumatra terdiri dari  …. Propinsi, pulau Kalimantan terdiri dari  …. Propinsi, pulau Jawa terdiri dari  …. Propinsi
3.      Lagu daerah rasa sayang sayange berasal dari daerah……
4.      Bersatu kita … bercerai kita …
5.      “ Hubbul Wathon Minal Imaan” Cinta ….  sebagian dari Iman.

C.     Jawablah pertanyaan uraian singkat berikut!
1        Ada berapakah provinsi di NKRI pada saat ini? Sebutkan !
2        Sebutkan agama-agama yang dipeluk oleh masyarakat Indonesia!
3        Jelaskan makna persatuan dalam perbedaan!
4        Mengapa kita harus menjaga kelestarian budaya di Indonesia ?
5        Sebutkan 6 lagu daerah dari propinsi yang kamu tempati sekarang ini !

PENGAYAAN
1.      Apa tujuan menjaga persatuan dan kesatuan?
2.      Bagaimana upaya mempertahankan kemerdekaan?
3.      Bagaimana sikapmu dalam menjaga persatuan dan kesatuan?
4.      Apa peran penting Pancasila dan bhinneka tunggal ika? Jelaskan!
5.      Jelaskan kunci keberhasilan menjaga persatuan!

REMEDIAL
1.      Sebutkan Keanekaragaman Budaya Yang Ada Di Indonesia !         
Nama Propinsi
Keanekaragaman Budaya
Suku Bangsa
Lagu
Tari Daerah
1.      NAD
Aceh, Gayo, Tamiang, Alas, dan Simeulue
Bungong Jeumpa
Tari Seudati
2.      Sumatra Utara



3.       



4.       



5.       



6.       



7.       



8.       






33.Irian Jaya Barat
















2.      Gunakan Pemahamanmu Mengenai Bhinneka Tunggal Ika dengan Keanekaragaman Budaya Di Indonesia. Jelaskan !
Jawab        : ………………………………………………………………
……………………………………………………..…………………



KUNCI JAWABAN PENILAIAN TES


A.    Pilihlahjawaban yang paling benar!

1.    C
2.    C
3.    B
4.    A
5.    B




B.     Isilah titik dibawah ini !
1.      Sansekerta,Sutasoma, Tantular, artinya walaupun berbeda-beda suku, adat, budaya dan bahasa daerahnya, tetapi tetap satu yaitu bangsa Indonesia
2.      10,5,6
3.      Maluku
4.      Teguh, runtuh
5.      Tanah air



C.    Jawablah pertanyaan uraian singkat berikut!

6           34 buah propinsi. NAD, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Lampung, Bengkulu, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Bali, NTT, NTB, Maluku, Maluku Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesii Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tyenggara, Papua, Papua Barat.
7           Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha
8           Walau kita berbeda beda namun tetap rukun, bila rukun Negara akan makmur.
9           Agar tidak diambil egara lain, agar tidak punah
10       Jaranan, gambang suling, gundul pacul, bapak pocung, Dondon apa Salak, ande-ande lumut.


PENGAYAAN
6.      Tercipta kerukunan
7.      Saling menghargai, saling tolong menolong, saling membantu, saling menjaga kerukunan dan belajar yang rajin.
8.      Tidak egois, saling membantu, menjaga kerukunan.
9.      Kerukunan hidup bangsa tercipta
10.  Saling menghargai dan toleran.

REMEDIAL
1.      Sebutkan Keanekaragaman Budaya Yang Ada Di Indonesia !           
Nama Propinsi
Keanekaragaman Budaya
Suku Bangsa
Lagu
Tari Daerah
NAD
Aceh, Gayo, Tamiang, Alas, dan Simeulue
Bungong Jeumpa
Tari Seudati
Sumatra Utara






Irian Jaya Barat










            (Jawaban sama dengan tugas kelompok)
2.      Gunakan Pemahamanmu Mengenai Bhinneka Tunggal Ika dengan Keanekaragaman Budaya Di Indonesia. Jelaskan !
Jawab            : Keragaman suku bangsa dan budaya merupakan kekuatan. Hal ini tidak terpisahkan dalam kehidupan bernegara. Sejarah telah membuktikan persatuan dan kesatuan bangsa, ternyata dapat mengusir penjajah. ”Bhinneka Tunggal Ika” Artinya walaupun berbeda-beda suku, adat, budaya dan bahasa daerahnya, tetapi tetap satu yaitu bangsa Indonesia

LAMPIRAN MATERI
KETERANGAN:
MATERI TELAH DITEMATIKAN
IPS
Keanekaragaman budaya di Indonesia.
Seni Budaya dan Prakarya
     Lagu daerah
     Menyanyi lagu daerah
PKn
Persatuan dan Kesatuan Indonesia
Bhinneka Tunggal Ika
Pendidikan Agama
Bacaan dan isi kandungan QS Al Kaafirun
Bacaan dan isi kandungan QS Al Maidah (5):2
Bahasa Indonesia
Teks Pidato persuasive
Isi teks pidato persuasive


LAMPIRAN MEDIA PEMBELAJARAN

lampiran materi dan media telah dipostkan sebelumnya