RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SEKOLAH DASAR
Kelas / Semester : VI / I
Tema : Persatuan dalam Perbedaan
Pertemuan ke : 1 - 3
Semester : 1 (satu)
Alokasi waktu : 7 JP x 35 menit
A. KOMPETENSI
INTI
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
B. KOMPETENSI
DASAR
IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME
yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan
perubahan dalam aspek geografis,
ekonomi, budaya dan politik.
Pendidikan Agama
2.3.
Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman
isi kandungan Q.S. Al-Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5):2.
Bahasa Indonesia
3.3
Menguraikan isi teks pidato persuasif
tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
PKn
4.4
Menerapkan nilai-nilai persatuan dan
kesatuan bangsa dalam kesatuan pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya.
Seni Budaya
dan Prakarya
4.6 Menyanyikan
lagu daerah dua suara dengan iringan.
C.
INDIKATOR
IPS
·
Menyebutkan beberapa kebudayaan di Indonesia
·
Mensyukuri keanekaraman budaya
·
Menghargai keanekaragaman budaya
·
Melestarikan keanekaragaman budaya
Pendidikan Agama
·
Bersikap toleran dan
simpati terhadap keanekaragaman agama di Indonesia
·
Menghargai teman yang
berbeda agama atau keyakinan
·
Mengetahui bacaan
serta kandungan isi QS Al-Kaafirun dan QS Al Maidah (5):2
Bahasa Indonesia
·
Memahami bentuk dan
penjelasan tentang teks pidato persuasive.
·
Menguraikan isi teks
pidato persuasf cinta tanah air
·
Memahami kosakata baku
bahasa Indonesia
PKn
·
Menyebutkan
keanekaragaman budaya Indonesia
·
Memahami arti nila
persatuan dan kesatuan dalam perbedaan serta arti Bhinneka Tunggal Ika
Seni Budaya
dan Prakarya
·
Memahami arti lagu daerah
·
Menyebutkan judul lagu daerah di 34 propinsi di Indonesia
·
Menyanyikan salah satu lagu daerah di Indonesia secara acak
·
Menyanyi dua suara dengan iringan
D.
TUJUAN
·
Berperilaku baik (toleran,simpati dan menghargai serta mampu
bekerja sama dan menjaga kekompakan)
·
Mengetahui arti dari persatuan dalam perbedaan budaya
·
Menyebutkan keanekaragaman budaya dan agama di Indonesia
·
Melestarikan budaya Indonesia dengan menyanyikan salah satu
lagu daerah
·
Menguraikan isi teks pidato persuasive
·
Mensyukuri nikmat hidup dalam perbedaan
E.
MATERI
IPS
Keanekaragaman budaya di
Indonesia. (TERLAMPIR)
Pendidikan Agama
Bacaan
dan isi kandungan QS Al Kaafirun (TERLAMPIR)
Bacaan
dan isi kandungan QS Al Maidah (5):2 (TERLAMPIR)
Bahasa Indonesia
Teks
Pidato persuasive (TERLAMPIR)
Isi
teks pidato persuasive (TERLAMPIR)
PKn
Persatuan
dan Kesatuan Indonesia (TERLAMPIR)
Bhinneka
Tunggal Ika (TERLAMPIR)
Seni Budaya
dan Prakarya
Lagu daerah (TERLAMPIR)
Menyanyi lagu daerah (TERLAMPIR)
F.
PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Student Center Learning
Strategi : Tematik
Teknik : Tematik
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
Diskusi, dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
KARAKTER
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Mengucapkan
salam ketika masuk kelas
2.
Mengajak
semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan dipimpin oleh salah satu siswa
3.
Menanyakan
informasi kehadiran siswa
4.
Meminta
siswa memeriksa kebersihan dan kerapian seragam
5.
Meminta
siswa mempersiapkan alat tulis dan buku panduan seperti Buku paket
tematik,Atlas,RPULdan lainnya.
6.
Meminta
informasi kepada siswa mengenai perbedaan-perbedaan diantara sesama teman.
(Seperti perbedaan jenis kelamin, usia, agama, dan budaya yang dimiliki).
7.
Menginformasikan
tema yang akan dipelajari yaitu tentang “PERSATUAN DALAM PERBEDAAN”
|
Religius
|
12 menit x 3 perteuan
|
Religius
|
|||
Displin
|
|||
Jujur
|
|||
Tanggung jawab
|
|||
Toleran
|
|||
Rasa
ingin tahu
|
|||
Inti
(Pertemuan I)
|
1.
Menunjukkan gambar peta Kepulauan di Indonesia, siswa melihat gambar
yang ditunjukan di depan kelas dan di dalam Atlas. (eksplorasi, mengamati,
menyimak dan mendengar).
2.
Siswa menerima informasi bahwa Indonesia telah memiliki 34 propinsi,
setiap propinsi memiliki adat budaya dan agama yang berbeda. (eksplorasi,
mengamati, menyimak dan mendengar).
3.
Guru mengelompokan tempat duduk siswa berdasarkan nama kepulauan
besar di Indonesia. (6 kelompok)
4.
Guru
bertanya kepada siswa mengenai keanekaragaman budaya di Indonesia yang telah
diketahui (eksplorasi,
menyimak, menanya, menalar).
·
Guru
mendengarkan jawaban siswa tentang budaya dan agama di Indonesia yang telah
diketahui siswa
·
Memberikan
kesempatan kepada siswa yang lain untuk menjawab
·
Pemerataan
siswa dalam menjawab
·
Memperhatikan
siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban.
·
Mendorong keberanian siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam
memberikan klarifikasi tentang benar dan tidaknya jawaban.
5.
Siswa menerima informasi mengenai arti dari persatuan dan kesatuan
dalam perbedaan serta arti dari Bhinneka Tunggal Ika yang digunakan bangsa
Indonesia sebagai simbol persatuan dan kesatuan di Indonesia.
6.
Guru menanyakan kepada siswa bagaimana sikap yang dilakukan kepada
teman yang berbeda budaya, adat dan agama.
7.
Guru
menginformasikan kepada siswa bahwa sikap teladan yaitu toleran dan simpati
serta menghargai terdapat dalam kandungan isi QS Al Kafirun dan QS Al Maidah
(5):2
8.
Siswa
menyimak bacaan surah tersebut yang dibacakan oleh guru, siswa menirukan
bacaan surah tersebut, siswa menerima kembali informasi tentang isi kandungan
surah tersebut secara lebih jelas.
9.
Guru
menanyakan kepada siswa kembali mengenai apa yang dilakukan siswa terhadap
perbedaan keyakinan dan budaya diantara sesama teman.
10.
Penugasan siswa mengisi Modul LKS Tematik (15 menit)
|
Cinta tanah air
|
75 menit
|
Cinta tanah air
|
|||
bersahabat
|
|||
Cinta tanah air
|
|||
Semangat kebangsaan
|
|||
Peduli social
|
|||
Religius
|
|||
Religius
|
|||
bersahabat
Kreatif, tanggung jawab
|
|||
Inti (Pertemuan
II
2
JP x 35 menit)
|
1.
Mengenalkan teks pidato persuasif kepada siswa
2.
Menginformasikan kepada siswa arti dari pidato persuasif dan cara
menguraikannya
3.
Memberikan contoh teks pidato persuasive cinta tanah air kepada
siswa. Melatih siswa menguraikan isi pidato persuasive
4.
Penugasan kepada siswa untuk menguraikan isi teks pidato persuasive
yang bertemakan Cinta Tanah Air. (Tugas dirumah, individu)
5.
Menyanyikan lagu daerah sebagai aplikasi cinta tanah air. (Rasa Sayang-sayange-Maluku)
6.
Menanyakan kepada siswa lagu - lagu daerah yang telah diketahui.
7.
Menjelaskan
kepada siswa pengertian lagu daerah dan pengertian menyanyi 2 suara dengan
iringan
8.
Penugasan
: siswa menggolongkan lagu lagu daerah menurut lagu daerah propinsi
|
Rasa ingin tahu
|
40 menit
|
Rasa ingin tahu
|
|||
Mandiri
|
|||
Tanggung jawab
|
|||
Semangat kebangsaan
|
|||
Cinta tanah air
|
|||
Rasa Ingin Tahu
|
|||
Tanggung jawab
|
|||
Inti (Pertemuan
III
2
JP x 35 menit)
|
1.
Guru membagi amplop permainan ular tangga kecil kepada 6 kelompok yang
telah dibentuk sejak hari pertama belajar tema persatuan dalam perbedaan.
2.
Guru telah menyiapkan tabel budaya Indonesia di papan tulis. Tabel
tersebut akan digunakan siswa untuk portofolio penugasan kelompok.
3.
Siswa bermain ular tangga sesuai kelompoknya dan mematuhi peraturan
(menyanyi, menyebutkan, menjelaskan) serta mengisi tabel di papan tulis
sesuai kartu buaya yang didapat. Kemudian ditulis kembali oleh sekretaris di
setiap kelompok,
4.
Secara berkelompok tabel budaya di papan tulis akan terisi oleh semua
kelompok dalam arti mengisi tabel tersebut dibutuhkan kerja sama antar pulau.
5.
Penugasan pertemuan ketiga adalah tugas kelompok tabel budaya dan
penilaian sikap dan pengetahuan (pengetahuan menyanyi dan menjelaskan
keanekaragaman budaya)
|
Rasa ingin tahu
|
40 menit
|
Tanggung Jawab
|
|||
Kerja Keras
|
|||
Rasa ingin tahu
|
|||
Tanggung Jawab
|
|||
Konfirmasi
|
· Sebutkan propinsi propinsi
yang dimiliki Negara Indonesia!
· Sebutkan keanekaragaman
budaya yang dimiliki bangsa Indonesia1
· Jelaskan maksud persatuan
dalam perbedaan di Indonesia!
· Jelaskan maksud Bhinneka
tunggal Ika!
|
Menghatgai Prestasi
|
30 menit
|
· Jelaskan pengertian pidato
persuasive!
· Jelaskan isi kandungan
surah Al Kaafirun!
· Apa yang kamu lakukan bila
berada di antara teman yang berbeda budaya dan agama ?
|
Menghatgai Prestasi
|
||
· Jelaskan yang dimaksud
dengan lagu daerah !
· Sebutkan lagu daerah yang
dimiliki Indonesia!
|
Menghatgai Prestasi
|
||
Penutup
|
1.
Bersama-sama siswa mengadakan
perenungan dari hasil belajar 1 tema persatuan dalam perbedaan
2.
Mengajak siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaan masing-masing
(untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
- Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap
duduknya, membaca, cara menghafalkan,dsb)
- Apabila ada siswa yang
kurang benar dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a langsung
diberi nasehat agar selanjutnya bisa lebih baik
|
8 menit x 3 pertemuan
|
|
Religius
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
- Buku Paket, Modul Tematik IPS kelas VI SD,
- Buku pendukung lain (RPUL, Buku lagu – lagu daerah)
- Atlas Indonesia
- Siswa dan Guru
- Kartu Gambar kebudayaan (tarian adat)
- Ular tangga budaya Indonesia
- Buku pengembangan diri anak
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
a.
Penilaian Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan
instrument penilaian hasil belajar dengan tes tertulis dan lisan (terlampir)
2.
Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1. Penilaian Kinerja
2. Penilaian Produk
b.
Penilaian Hasil Belajar
1) Pilihan Ganda
2) Isian Singkat
3) Esai atau uraian
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
Kelas VI
………………….. Swastantika
Kumala Devi
NIP. ……………. 2012 33 178
LAMPIRAN
PENILAIAN
A.
PENILAIAN NON TES:
1. Kinerja dalam menyelesaikan
tugas kelompok
No
|
Nama Peserta Didik
|
ASPEK
|
Jumlah
|
Nilai
|
|||
Keaktifan
|
Kerja Sama
|
Menghargai
Pendapat
|
Tanggung Jawab
|
||||
Keterangan Skor:
1
= kurang
2
= cukup
3
= baik
4
= sangat baik
Skor
maksimal = 16
Nilai = x 100
1. Penilaian Kinerja dalam
menyelesaikan tugas presentasi
No
|
Nama Peserta Didik
|
ASPEK
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
Komunikasi
|
Sistematika penyampaian
|
Penguasaan Materi
|
Keberanian
|
Antusias
|
||||
Keterangan Skor:
-
Komunikasi:
1.
= tidak dapat berkomunikasi
2.
= komunikasi agak lancar, tetapi sulit dimengerti
3.
= komunikasi lancar tapi sulit dimengerti
4.
= komunikasi sangat lancar, benar dan jelas
-
Sistematika Penyampaian:
1 = Tidak Sistematis
2 = Sistematis, uraian kurang, tidak jelas
3 = sistematis, uraian cukup
4 =
sistematis, uraian luas, jelas
-
Wawasan:
1 = tidak menunjukkan pengetahuan
2 = sedikit memiliki pengetahuan
3 = memiliki pengetahuan/ materi kurang luas
4 = memiliki pengetahuan/ materi luas
-
Keberanian:
1 = tidak ada keberanian
2 = kurang berani
3 = berani
4 = sangat berani
-
Antusias:
1 = Tidak Antusias
2 = kurang antusias
3 = astusias tetapi kurang control
4
= antusias terkontrol
Skor maksimal = 20
Nilai = x 100
B. PENILAIAN TES
A. Pilihlahjawaban yang paling benar!
1.
Kemerdekaan
Indonesia merupakan ….
a.
Hadiah
dari penjajah Jepang
b.
Anugerah
Tuhan Yang Maha Esa
c.
Hasil
perjuangan dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa
2.
Titik
akhir sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam mendirikan Negara ditandai
dengan ….
a.
SumpahPemuda
b.
Pancasila
c.
Proklamasi
3.
Pentingnya
bersatu ditunjukkan pada ….
a.
Tiada
gading yang takretak
b.
Bhinneka
Tunggal Ika
c.
Bercermin
di kaca retak
4.
Apakah
yang kamu lakukan saat ini untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia?
a.
Menjaga
kerukunan
b.
Memaksakan
kehendak
c.
Mengangkat
senjata
5.
Keragaman
budaya bisa dijadikan sebagai ....
a.
Pemicu
pertengkaran
b.
Perekat
persatuan dan kesatuan
c.
Pemisah
persatuan dan kesatuan
B. Isilah titik dibawah ini !
1.
Bhineka
tunggal ika di ambil dari bahasa ... dari kitab ... karangan empu ... yang
artinya .......
2. Pulau
Sumatra terdiri dari …. Propinsi, pulau
Kalimantan terdiri dari …. Propinsi,
pulau Jawa terdiri dari …. Propinsi
3. Lagu
daerah rasa sayang sayange berasal dari daerah……
4. Bersatu kita … bercerai kita …
5. “
Hubbul Wathon Minal Imaan” Cinta
…. sebagian dari Iman.
C. Jawablah pertanyaan uraian singkat berikut!
1
Ada berapakah provinsi di NKRI
pada saat ini? Sebutkan !
2
Sebutkan agama-agama yang dipeluk oleh masyarakat
Indonesia!
3
Jelaskan makna persatuan dalam perbedaan!
4
Mengapa
kita harus menjaga kelestarian budaya di Indonesia ?
5
Sebutkan 6 lagu daerah dari propinsi yang kamu
tempati sekarang ini !
PENGAYAAN
1. Apa tujuan menjaga persatuan dan kesatuan?
2. Bagaimana upaya mempertahankan kemerdekaan?
3. Bagaimana sikapmu dalam menjaga persatuan
dan kesatuan?
4. Apa peran penting Pancasila dan
bhinneka tunggal ika? Jelaskan!
REMEDIAL
1.
Sebutkan Keanekaragaman Budaya Yang Ada
Di Indonesia
!
Nama Propinsi
|
Keanekaragaman Budaya
|
||
Suku Bangsa
|
Lagu
|
Tari Daerah
|
|
1.
NAD
|
Aceh, Gayo, Tamiang, Alas, dan Simeulue
|
Bungong Jeumpa
|
Tari Seudati
|
2.
Sumatra Utara
|
|||
3.
|
|||
4.
|
|||
5.
|
|||
6.
|
|||
7.
|
|||
8.
|
|||
…
|
|||
33.Irian Jaya Barat
|
2.
Gunakan Pemahamanmu Mengenai Bhinneka
Tunggal Ika dengan Keanekaragaman Budaya Di Indonesia. Jelaskan !
Jawab : ………………………………………………………………
……………………………………………………..…………………
KUNCI JAWABAN PENILAIAN TES
A.
Pilihlahjawaban
yang paling benar!
1. C
2. C
3. B
4. A
5. B
B.
Isilah titik dibawah ini !
1. Sansekerta,Sutasoma, Tantular,
artinya walaupun berbeda-beda suku,
adat, budaya dan bahasa daerahnya, tetapi tetap satu yaitu bangsa Indonesia
2. 10,5,6
3. Maluku
4. Teguh, runtuh
5. Tanah air
C.
Jawablah
pertanyaan uraian singkat berikut!
6
34 buah propinsi. NAD, Sumatera Utara, Sumatera
Barat, Sumatera Selatan, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Lampung, Bengkulu, Bangka
Belitung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI
Yogyakarta, Bali, NTT, NTB, Maluku, Maluku Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan
Utara, Kalimantan Selatan Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesii Utara,
Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi
Tyenggara, Papua, Papua Barat.
7
Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha
8
Walau kita berbeda beda namun tetap rukun, bila
rukun Negara akan makmur.
9
Agar
tidak diambil egara lain, agar tidak punah
10 Jaranan,
gambang suling, gundul pacul, bapak pocung, Dondon
apa Salak, ande-ande lumut.
PENGAYAAN
6. Tercipta kerukunan
7. Saling menghargai, saling tolong menolong,
saling membantu, saling menjaga kerukunan dan belajar yang rajin.
8. Tidak egois, saling membantu, menjaga
kerukunan.
9. Kerukunan
hidup bangsa tercipta
10. Saling menghargai dan toleran.
REMEDIAL
1.
Sebutkan Keanekaragaman Budaya Yang Ada
Di Indonesia
!
Nama Propinsi
|
Keanekaragaman Budaya
|
||
Suku Bangsa
|
Lagu
|
Tari Daerah
|
|
NAD
|
Aceh, Gayo, Tamiang, Alas, dan Simeulue
|
Bungong Jeumpa
|
Tari Seudati
|
Sumatra Utara
|
|||
…
|
|||
Irian Jaya
Barat
|
(Jawaban
sama dengan tugas kelompok)
2. Gunakan Pemahamanmu Mengenai Bhinneka Tunggal Ika dengan Keanekaragaman Budaya Di Indonesia. Jelaskan !
Jawab : Keragaman suku bangsa dan
budaya merupakan kekuatan. Hal ini tidak terpisahkan dalam kehidupan bernegara.
Sejarah telah membuktikan persatuan dan kesatuan bangsa, ternyata dapat
mengusir penjajah. ”Bhinneka Tunggal Ika” Artinya walaupun berbeda-beda suku,
adat, budaya dan bahasa daerahnya, tetapi tetap satu yaitu bangsa Indonesia.
LAMPIRAN
MATERI
KETERANGAN:
MATERI TELAH
DITEMATIKAN
IPS
Keanekaragaman budaya di
Indonesia.
Seni Budaya
dan Prakarya
Lagu daerah
Menyanyi lagu daerah
PKn
Persatuan
dan Kesatuan Indonesia
Bhinneka
Tunggal Ika
Pendidikan Agama
Bacaan
dan isi kandungan QS Al Kaafirun
Bacaan
dan isi kandungan QS Al Maidah (5):2
Bahasa Indonesia
Teks
Pidato persuasive
Isi
teks pidato persuasive
LAMPIRAN
MEDIA PEMBELAJARAN
lampiran materi dan media telah dipostkan sebelumnya