Sunday, November 10, 2013

Membuat Desain Media Pembelajaran Matematika


LUAS LINGKARAN
DENGAN PENDEKATAN PERSEGI PANJANG
Tugas ini dibuat guna memenuhi tugas kelompok
mata kuliah Aplikasi Matematika
Dosen Pengampu :
Eka Zuliana, M. Pd

Disusun oleh :
Kelas 3D
  1. Rizka Tiyara (201233148)
  2. Rudi Setyo N (201233149)
  3. Swastantika K. (201233178)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2013
DESAIN ALAT PERAGA

Pokok Bahasan : Geometri
Sub Pokok Bahasan : Luas Lingkaran
Jenjang Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas / Semester :
Indikator : Menentukan luas daerah lingkaran dengan pendekatan luas persegi panjang

  1. Bentuk Alat Peraga
Sebuah lingkaran berdiameter 20cm berjari-jari 10 cm.



Juring dari lingkaran berdiameter 20 cm yang dibagi menjadi 16 buah juring.



Dua juring telah dipotong dan lepas dari lingkaran berdiameter 20 cm yang sebelumnya sudah dibagi menjadi 16 buah juring 
.
Potongan 16 buah juring dari sebuah lingkaran

.

Gabungan dari juring-juring yang telah diurai dan dipotong membentuk persegi panjang





Kotak penyimpanan berukuran 30x10x30 dari sterofoam (bagian dalam) yang dalamnya dilubangi dengan kedalaman 4 cm.
\

  1. Alat dan bahan
  1. Alat
  1. Pensil
  2. Penggaris
  3. Gunting
  4. Cutter
  5. Solasi bening
  1. Bahan
  1. 6 buah kertas bufalo 2 warna (kuning dan hijau)
  2. Sterofom
  1. Cara membuat
Keping peraga permainan
  1. Buatlah 6 lingkaran berdiameter 20cm berjari-jari 10 cm masing-masing 3 berwarna kuning dan hijau, lalu potong menurut diameternya. Gabungkan setengah daerah lingkaran hijau dan setengah daerah lingkaran berwarna kuning. Jadilah 6 lingkaran dengan 2 warna.
  2. Ambilah 1 lingkaran 2 warna yang telah dibuat sebelumnya, lalu buatlah sebuah juring.
  3. Ambilah 4 lingkaran 2 warna lagi, lalu buatlah juring juring pada lingkaran tersebut menjadi 16 buah juring.
  4. Ambilah sebuah lingkaran dari hasil nomor 3, lalu potong dua juring dengan warna yang berbeda, uraikan lingkaran tanpa dua juring dan juringnya,.
  5. Lakukan kembali langkah nomor 4. Uraikan semua juring pada lingkaran yang telah dipotong, potong.
  6. Ambilah 1 buah lingkaran 2 warna yang telah dibuat sebelumnya. Potong semua juring yang ada lalu gabungan juring-juring tersebut membentuk daerah luas dengan pendekatan persegi panjang.
Kotak penyimpanan
  1. Siapkan sterofoam berukuran 30 x 30 x10 sebanyak dua buah.
  2. Buatlah sebuah lingkaran berdiameter 20 cm dan sebuah juring pada sterofom terebut kemudian lubangi lingkaran dan juring tersebut sedalam 5 cm.
  3. Buatlah persegi panjang berukuran ......kemudian lubangi sedalam 5 cm.
  1. Cara pemanfaatan
Prasyarat:
  1. Siswa mengenal unsur-unsur lingkaran.
  2. Siswa mengenal unsur persegi panjang.
Untuk dapat memanfaatkan alat peraga ini, terdapat beberapa kesepakatan yang harus diikuti yaitu:
  1. Lingkaran mempunyai diameter (d), jari-jari (r),dan juring.
  2. Persegi panjang mempunyai ukuran panjang (p) x lebar.

  1. Acungkan dan katakan pada siswa bahwa model lingkaran seperti pada gambar 1 merupakan lingkaran berjari-jari r (lihat titik tengah), Sedangkan model lingkaran pada gambar 2 merupakan lingkaran berjuring. Juring-juring lingkaran bila disusun rapi akan membentuk sebuah lingkaran utuh seperti gambar 3.
  2. Acungkanlah lingkaran gb.1, gb 2, dan gb.3, kemudian tanyakan pada siswa dengan cara menghimpitkan ditunjukan bahwa ketiga bangun (gb.1, gb 2, dan gb.3) tersebut apakah kongruen? (Iya kongruen). Kemudian, tanyakan pada siswa apakah panjang jari-jari dan luas daerahnya sama?(sama)


Gb. 4
Gb. 5


  1. Acungkan pada siswa apabila juring pada gb 3 dipotong akan membentuk gb 4. Kemudian acungkan kepada siswa potongan tersebut bila diuraikan semua akan membentuk kumpulan juring juring seperti gb.5.
Gb. 6


  1. Ubahlah bangun gb.5 menjadi bangun seperti pada gb.6. Kemudian tanyakan kepada siswa, bangun apakah yang terjadi ? (persegi panjang). Berapakah panjangnya ? (πr), berapakah lebarnya? (r) dan berapakah luas daerahnya ? (πr x r).
  2. Acungkan gb. 4 dan gb 5, tanyakan kepada siswa apakah kedua bangun luas daerahnya sama ? (sama)
  3. Selanjutnya jika sebuah persegi panjang panjangnya πr, lebarnya r, maka
Luas daerah lingkaran = Luas daerah persegi panjang
= Panjang x lebar
= πr x r
= πr2
Kesimpulan:
Jika lingkaran panjang jari-jarinya r dan luas daerahnya L maka L = π r2


No comments: