Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD 1 Barongan
Kelas/Semester : V/1
Mata
pelajaran : Matematika
Peraktik ke- :
4
Alokasi waktu : 2X35 menit
Standar Kompetensi
Bilangan
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam
pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
1.2
Menggunakan faktor prima untuk
menentukan KPK dan FPB
Indikator
1.
Menyebutkan faktor prima dan faktorisasi prima
bilangan.
2.
Menentukan KPK dan FPB dari 2 sampai 3 bilangan.
3.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan
FPB.
4.
Menjelaskan
cara menentukan KPK dan FPB secara lisan.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui gambar pohon faktor sebuah bilangan, siswa
dapat menyebutkan faktor prima dan faktorisasi prima bilangan.
2.
Melalui faktorisasi prima bilangan, siswa dapat menentukan
KPK dan FPB dari 2 sampai 3 bilangan.
3.
Melalui
kegiatan diskusi kelompok, siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan FPB.
4.
Melalui
kegiatan presentasi, siswa dapat menjelaskan cara menentukan KPK dan FPB secara
tertulis dan lisan.
Materi Ajar
Menentukan KPK dan FPB
1.
Pendekatan : Student Center Learning
2.
Model : Student Team
3.
Metode : Permainan, ceramah, diskusi, penugasan
Kegiatan
awal
1.
Guru memberi salam pada peserta didik.
2.
Guru mengajak siswa untuk berdo’a dan meminta salah
seorang siswa memimpin do’a.
3. Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat mengikuti
pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan permainan “Oh Kelipatan Oh Door”
(Siswa berteriak Door ketika hitungan sampai pada kelipatan)
4. Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru
sebelum melaksanakan pembelajaran inti, dengan memberi beberapa pertanyaan:
a.
Ini tanggal berapa?
b.
Bagaimana faktorisasi prima bilangan tersebut?
5.
Guru menyampaikan
tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa sederhana dan
dapat dipahami.
Kegiatan
Inti
1. Guru menunjukan beberapa bilangan
yang tertulis di papan tulis.
2. Guru meminta 5 siswa menggambarkan
pohon faktor, 5 siswa menentukan faktorisasi prima dan 5 siswa menentukan
faktor prima secara bergilir.
3. Siswa mengamati hasil pekerjaan
mereka di papan tulis.
4. Guru menjelaskan sebuah cara mencari
KPK dan FPB bilangan di papan tulis menggunakan faktorisasi prima yang telah
dikerjakan.
5. Guru dan siswa melakukan tanya jawab
mengenai cara mencari KPK dan FPB tersebut.
6. Guru membentuk kelompok terdiri dari 4-5
siswa.
7. Siswa berkelompok, mengerjakan lembar kerja.
8.
Kelompok siswa yang tercepat menyelesaikan lembar kerja, boleh menunjuk salah satu
kelompok untuk mempresentasikan hasil pekerjaan.
9.
Guru bersama siswa membuat kesimpulan terhadap materi
yang telah dilaksanakankan.
Kegiatan
akhir
1.
Guru memberi evaluasi terhadap hasil kerja siswa.
2.
Guru melakukan tindak lanjut terhadap hasil belajar
siswa.
Media dan Sumber
Belajar
·
Gambar
coklat dan permen serta plastik pada Lembar Kerja Siswa
·
FOKUS
Matematika Kelas 5 SD
Penilaian
1.
Penilaian Sikap
a.
Penilaian : Keberanian, keaktifan,
unjuk kerja
2.
Penilaian Pengetahuan
a.
Jenis tes :
Essay singkat
b.
Bentuk tes :
Tes tertulis
3.
Penilaian Keterampilan :
Keterampilan menggunakan media dan petunjuk pada lembar kerja.
Kudus,20 Agustus 2015 Swasta
KEY : RPP KPK FPB KELAS V SD
No comments:
Post a Comment