Thursday, August 20, 2015

RPP MATEMATIKA KELAS V KPK FPB



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Satuan pendidikan    : SD 1 Barongan
Kelas/Semester         : V/1
Mata pelajaran          : Matematika
Peraktik ke-               : 4
Alokasi waktu           : 2X35 menit

Standar Kompetensi
Bilangan
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar
1.2 Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB
1.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB 
Indikator
1.      Menyebutkan faktor prima dan faktorisasi prima bilangan.
2.      Menentukan KPK dan FPB dari 2 sampai 3 bilangan.
3.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB.
4.      Menjelaskan cara menentukan KPK dan FPB secara lisan.
Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui gambar pohon faktor sebuah bilangan, siswa dapat menyebutkan faktor prima dan faktorisasi prima bilangan.
2.      Melalui faktorisasi prima bilangan, siswa dapat menentukan KPK dan FPB dari 2 sampai 3 bilangan.
3.      Melalui kegiatan diskusi kelompok, siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan FPB.
4.      Melalui kegiatan presentasi, siswa dapat menjelaskan cara menentukan KPK dan FPB secara tertulis dan lisan.
Materi Ajar
Menentukan KPK dan FPB

Pendekatan dan Metode
1.      Pendekatan           : Student Center Learning
2.      Model                    : Student Team
3.      Metode                  : Permainan, ceramah, diskusi, penugasan
                                                   
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan awal
1.      Guru memberi salam pada peserta didik.
2.      Guru mengajak siswa untuk berdo’a dan meminta salah seorang siswa memimpin do’a.
3.   Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan permainan “Oh Kelipatan Oh Door” (Siswa berteriak Door ketika hitungan sampai pada kelipatan)
4. Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti, dengan memberi beberapa pertanyaan:
a.       Ini tanggal berapa?
b.      Bagaimana faktorisasi prima bilangan tersebut?
5.      Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa sederhana dan dapat dipahami.
Kegiatan Inti
1.      Guru menunjukan beberapa bilangan yang tertulis di papan tulis.
2.      Guru meminta 5 siswa menggambarkan pohon faktor, 5 siswa menentukan faktorisasi prima dan 5 siswa menentukan faktor prima secara bergilir.
3.      Siswa mengamati hasil pekerjaan mereka di papan tulis.
4.      Guru menjelaskan sebuah cara mencari KPK dan FPB bilangan di papan tulis menggunakan faktorisasi prima yang telah dikerjakan.
5.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab mengenai cara mencari KPK dan FPB tersebut.
6.      Guru membentuk kelompok terdiri dari 4-5 siswa.
7.      Siswa berkelompok,  mengerjakan lembar kerja.
8.      Kelompok siswa yang tercepat menyelesaikan  lembar kerja, boleh menunjuk salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil pekerjaan.
9.      Guru bersama siswa membuat kesimpulan terhadap materi yang telah dilaksanakankan.
Kegiatan akhir
1.      Guru memberi evaluasi terhadap hasil kerja siswa.
2.      Guru melakukan tindak lanjut terhadap hasil belajar siswa.

Media dan Sumber Belajar
·         Gambar coklat dan permen serta plastik pada Lembar Kerja Siswa
·         FOKUS Matematika Kelas 5 SD

Penilaian
1.      Penilaian Sikap                       
a.    Penilaian                             : Keberanian, keaktifan, unjuk kerja
2.      Penilaian Pengetahuan           
a.       Jenis tes                             : Essay singkat
b.      Bentuk tes                         : Tes tertulis
3.      Penilaian Keterampilan           : Keterampilan menggunakan media dan petunjuk pada lembar kerja.


Kudus,20 Agustus 2015 Swasta
KEY : RPP KPK FPB KELAS V SD

No comments: