Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD 1 Barongan
Kelas/Semester
: IV/1
Mata
pelajaran : Bahasa Indonesia
Tema
: Ragam Kebudayaan Daerah
Peraktik
ke-
: 3
Alokasi
waktu : 3X35 menit
A. Standar Kompetensi
Mendengarkan
Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang
korps.
Berbicara
Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan
suatu alat.
B. Kompetensi Dasar
1.2 Menjelaskan
kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps
C. Indikator
1. Menyebutkan simbol-simbol yang ada
diseragam.
2. Menyusun potongan simbol daerah menjadi
satu kesatuan.
3. Menjelaskan arti simbol daerah secara
tertulis.
4. Menyebutkan alat-alat yang memiliki
cara/petunjuk penggunaan alat.
5. Menjelaskan urutan penggunaan alat
secara lisan dan runtut.
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui kegiatan mengamati seragam teman, siswa dapat menyebutkan
simbol-simbol yang ada disekitar.
2.
Melalui
kegiatan permainan puzzle kertas, siswa dapat menyusun potongan simbol daerah
menjadi satu kesatuan.
3.
Melalui
kegiatan mendengarkan penjelasan teman, siswa dapat menjelaskan arti simbol
daerah secara tertulis.
4.
Melalui
kegiatan mengamati benda di lingkungan sekitar, siswa menyebutkan alat-alat
yang memiliki cara/petunjuk penggunaan.
5.
Melalui
kegiatan demonstrasi siswa dapat menjelaskan urutan penggunaan alat secara
lisan dan runtut.
E. Materi Ajar
1.
Simbol
daerah
2.
Urutan
penggunaan alat
F. Pendekatan dan Metode
1.
1. Pendekatan
: Student Center Learning
2.
2. Model
: Picture and picture
3.
3. Metode
: Ceramah, diskusi,
demonstrasi, penugasan
G. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
1.
Guru memberi salam pada peserta didik.
2.
Guru mengajak siswa untuk berdo’a dan
meminta salah seorang siswa memimpin do’a.
3.
Guru melakukan apersepsi sebagai awal
komunikasi guru sebelummelaksanakan pembelajaran inti, dengan memberi beberapa pertanyaan:
a. Di setiap daerah Indonesia pasti
memiliki ragam budaya dan simbol. Mengapa di setiap daerah memiliki simbol?
4.
Guru memberi motivasi kepada siswa agar
semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan menyanyikan salah satu lagu
daerah.
Gundul
Gundul Pacul asli dan Gundul Gundul Pacul ganti lirik.
Simbol-simbol
daerah ana maknane
Alat
alat iku yo Ana carane
Ayo
kawan kita duduk mendengarkan
Ayo
kawan kita blajar menjelaskan.
5.
Guru menyampaikan tujuan yang akan
dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa sederhana dan dapat dipahami.
2.
Kegiatan Inti
1. Guru menunjukan simbol-simbol pada
seragam guru.
2. Guru meminta siswa mengamati seragam
milik temannya.
3. Siswa menyebutkan simbol-simbol yang
ada.
4. Guru menunjukan simbol atau lambang
daerah Jawa Tengah.
5. Guru meminta siswa menunjukan gambar
apa saja yang terlukis pada lambang.
6. Siswa dan guru melakukan tanya jawab
tentang simbol daerah tersebut.
7. Guru membentuk kelompok terdiri dari 10
siswa.
8. Siswa berkelompok, menyusun
puzzle.
9. Kelompok siswa pemenang dalam menyusun
puzzle membacakan arti simbol di depan kelas.
10. Siswa bersama kelompok mendengarkan dan
mencatatnya di lembar kerja 1.
11. Guru menjelaskan kembali simbol atau
lambang Jawa Barat.
12. Siswa dan guru mengamati alat/benda di
sekitar lingkungan kelas.
13. Siswa menyebutkan alat/benda yang cara
kerjanya menggunakan cara/petunjuk.
14. Setiap kelompok maju mengambil
lintingan petunjuk alat.
15. Setiap kelompok menjelaskan urutan
penggunaan alat secara lisan dan menggunakan alat. (demonstrasi)
16. Guru bersama siswa
membuat kesimpulan terhadap materi yang telah dilaksanakankan.
3.
Kegiatan Penutup
1. Guru memberi
evaluasi terhadap hasil kerja siswa.
2. Guru melakukan
tindak lanjut terhadap hasil belajar siswa
H. Media dan Sumber Belajar
1.
Puzzle
Simbol
2.
Alat
demonstrasi: Rautan, Kipas Angin, Penghapus, Sapu, dan Sampul buku.
3.
Warsidi,
Edi. 2008. Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas. Jakarta: Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional.
I. Penilaian
1.
Penilaian
Sikap
a.
Penilaian
: Keberanian, keaktifan, unjuk kerja
2. Penilaian
Pengetahuan
a. Jenis
tes
: Essay singkat
b. Bentuk
tes
: Tes tertulis
3. Penilaian
Keterampilan :
Keterampilan berbicara; menceritakan salah satu alat
Kudus,11 Agustus 2015
Mengetahui,
Guru Pembimbing
Praktikan
Noor Bakri, A. MA
Swastantika Kumaladevi
NIP. 19630410 198608 1 001
NIM. 201233178
Key : RPP KTSP KELAS 4 | RPP BAHASA INDONESIA KELAS 4 SD | RPP MENJELASKAN PETUNJUK| RPP SEMESTER 1 KELAS 4 BAHASA INDONESIA
No comments:
Post a Comment