Tuesday, August 11, 2015

RPP BAHASA INDONESIA KELAS 4 SD MATERI MENJELASKAN


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Satuan pendidikan    : SD 1 Barongan
Kelas/Semester         : IV/1
Mata pelajaran          : Bahasa Indonesia
Tema                         : Ragam Kebudayaan Daerah
Peraktik ke-               : 3
Alokasi waktu           : 3X35 menit

A.    Standar Kompetensi
Mendengarkan
Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps.
Berbicara
Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat.              
B.     Kompetensi Dasar
1.2  Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps
2.2 Menjelaskan petunjuk penggunaan  suatu alat dengan bahasa yang   baik dan benar
C.    Indikator
1.      Menyebutkan simbol-simbol yang ada diseragam.
2.      Menyusun potongan simbol daerah menjadi satu kesatuan.
3.      Menjelaskan arti simbol daerah secara tertulis.
4.      Menyebutkan alat-alat yang memiliki cara/petunjuk penggunaan alat.
5.      Menjelaskan urutan penggunaan alat secara lisan dan runtut.
D.    Tujuan Pembelajaran
1.             Melalui kegiatan mengamati seragam teman, siswa dapat menyebutkan simbol-simbol yang ada disekitar.
2.             Melalui kegiatan permainan puzzle kertas, siswa dapat menyusun potongan simbol daerah menjadi satu kesatuan.
3.             Melalui kegiatan mendengarkan penjelasan teman, siswa dapat menjelaskan arti simbol daerah secara tertulis.
4.             Melalui kegiatan mengamati benda di lingkungan sekitar, siswa menyebutkan alat-alat yang memiliki cara/petunjuk penggunaan.
5.             Melalui kegiatan demonstrasi siswa dapat menjelaskan urutan penggunaan alat secara lisan dan runtut.
E.     Materi Ajar
1.           Simbol daerah
2.           Urutan penggunaan alat
F.     Pendekatan dan Metode
1.           1.      Pendekatan           : Student Center Learning
2.           2.      Model                    : Picture and picture
3.           3.      Metode                  : Ceramah, diskusi, demonstrasi, penugasan
G.    Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
1.           Guru memberi salam pada peserta didik.
2.           Guru mengajak siswa untuk berdo’a dan meminta salah seorang siswa memimpin do’a.
3.           Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelummelaksanakan pembelajaran inti, dengan memberi beberapa pertanyaan:
a.       Di setiap daerah Indonesia pasti memiliki ragam budaya dan simbol. Mengapa di setiap daerah memiliki simbol?
4.           Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan menyanyikan salah satu lagu daerah.
Gundul Gundul Pacul asli dan Gundul Gundul Pacul ganti lirik.
Simbol-simbol daerah ana maknane
Alat alat iku yo Ana carane
Ayo kawan kita duduk mendengarkan
Ayo kawan kita blajar menjelaskan.
5.           Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa sederhana dan dapat dipahami.
2. Kegiatan Inti
1.      Guru menunjukan simbol-simbol pada seragam guru.
2.      Guru meminta siswa mengamati seragam milik temannya.
3.      Siswa menyebutkan simbol-simbol yang ada.
4.      Guru menunjukan simbol atau lambang daerah Jawa Tengah.
5.      Guru meminta siswa menunjukan gambar apa saja yang terlukis pada lambang.
6.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang simbol daerah tersebut.
7.      Guru membentuk kelompok terdiri dari 10 siswa.
8.      Siswa berkelompok,  menyusun puzzle.
9.      Kelompok siswa pemenang dalam menyusun puzzle membacakan arti simbol di depan kelas.
10.  Siswa bersama kelompok mendengarkan dan mencatatnya di lembar kerja 1.
11.  Guru menjelaskan kembali simbol atau lambang Jawa Barat.
12.  Siswa dan guru mengamati alat/benda di sekitar lingkungan kelas.
13.  Siswa menyebutkan alat/benda yang cara kerjanya menggunakan cara/petunjuk.
14.  Setiap kelompok maju mengambil lintingan petunjuk alat.
15.  Setiap kelompok menjelaskan urutan penggunaan alat secara lisan dan menggunakan alat. (demonstrasi)
16.  Guru bersama siswa membuat kesimpulan terhadap materi yang telah dilaksanakankan.
3. Kegiatan Penutup
1.      Guru memberi evaluasi terhadap hasil kerja siswa.
2.      Guru melakukan tindak lanjut terhadap hasil belajar siswa


H.    Media dan Sumber Belajar
1.        Puzzle Simbol
2.        Alat demonstrasi: Rautan, Kipas Angin, Penghapus, Sapu, dan Sampul buku.
3.        Warsidi, Edi. 2008. Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
I.       Penilaian
1.      Penilaian Sikap                       
a.    Penilaian                             : Keberanian, keaktifan, unjuk kerja
2.      Penilaian Pengetahuan           
a.       Jenis tes                             : Essay singkat
b.      Bentuk tes                         : Tes tertulis
3.      Penilaian Keterampilan           : Keterampilan berbicara; menceritakan salah satu alat

Kudus,11 Agustus 2015
Mengetahui,                                                                          
        Guru Pembimbing                                                        Praktikan


Noor Bakri, A. MA                                              Swastantika Kumaladevi
NIP. 19630410 198608 1 001                               NIM. 201233178

 Key : RPP KTSP KELAS 4 | RPP BAHASA INDONESIA KELAS 4 SD | RPP MENJELASKAN PETUNJUK| RPP SEMESTER 1 KELAS 4 BAHASA INDONESIA

No comments: