RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Nama
Sekolah :
SD1 Barongan Kudus
Kelas / Semester : 3 / I
Pertemuan : 1x
Materi Pokok : Teks Paragraf
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A. STANDAR
KOMPETENSI
Matematika
Bilangan
Melakukan operasi hitung bilangan sampai
tiga angka
Bahasa Indonesia
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
IPS
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar
rumah dan sekolah
B. KOMPETENSI
DASAR
Matematika
1.1 Menentukan letak bilangan pada garis
bilangan
Bahasa Indonesia
4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan
yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan
ejaan
IPS
4.1Melakukan
kerjasama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa
C. INDIKATOR
1.
Siswa
dapat mengurutkan gambar berdasarkan urutan bilangan
2.
Siswa
dapat menyebutkan contoh kerja sama di lingkungan sekolah
3.
Siswa dapat melakukan kerja sama dalam
berdiskusi
4.
Siswa
dapat menyusun paragraf acak dengan benar
5.
Siswa dapat memahami penggunaan huruf kapital
dan tanda baca
6.
Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasrkan
paragraf yang disusun
D. TUJUAN
- Dengan mengurutkan bilangan di balik kertas, siswa dapat mengurutkan gambar.
- Dengan melihat urutan gambar, siswa dapat menyebutkan contoh kerja sama di sekolah.
- Dengan mencari kalimat dalam stik eskrim siswa dapat menyusun paragraf acak sesuai gambar.
- Dengan mengeksplore kalimat per paragraf siswa dapat memahami penggunaan huruf kaptal
- Dengan mencari warna pita lintingan, siswa dapat melakukan kerja sama antar kelompok.
- Dengan membaca paragraf, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan paragraf yang disusun.
E. MATERI
Menyusun Paragraf
F.
PENDEKATAN
& METODE
Model : Picture and picture
Metode : permainan, ceramah,
demonstrasi, penugasan, diskusi kelompok
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
1) Kegiatan
Awal
a) Guru
mengkondisikan kelas, memberikan salam, mengawali pembelajaran dengan berdoa,
mengabsen siswa.
b) Guru
menyampaikan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran sebelumnya dan memotivasi
siswa dengan media koran
c)
Guru menyampaikan pembelajaran yang akan
dipelajari hari ini, menjelaskan tujuan kegiatan belajar mengajar yang akan
dilaksanakan.
2) Kegiatan
Inti
a)
Siswa membaca materi di dalam LKS.
b)
Siswa melakukan permainan mencari gambar dengan
mengurutkan bilangan.
c)
Siswa menempelkan gambar yang didapat.
d)
Guru bertanya tentang isi gambar yang disusun.
e)
Guru menjelaskan mengenai kerja sama di
lingkungan sekolah.
f)
Siswa menyebutkan contoh kerja sama di kelas
g)
Beberapa siswa dalam kelompok melakukan
permainan, siswa membaca kalimat per kalimat dalam 5 buah stik yang dibawakan
oleh ibu guru dan menuliskannya di papan tulis.
h)
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang penulisan
paragraf. (tata penulisan paragraf dan tanda baca)
i)
Siswa melakukan tanya jawab berdasarkan
penjelaskan guru.
j)
Siswa melakukan penilaian penulisan tanda baca.
k) Siswa
berkelompok untuk mengerjakan lembar kerja “Ayo Menyusun Paragraf”
l)
Kelompok siswa menerima 5 lintingan dengan warna
pita yang berbeda. Siswa diminta menyusun kalimat agar menjadi paragraf dan
menuliskannya di Lembar kerja
m) Siswa
membacakan hasil kerja
n)
Guru menyimpulkan pembelajaran yang dilakukan
hari ini
3) Kegiatan Penutup
a)
Guru
mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa tentang hal-hal yang
dirasakan siswa, materi yang belum dipahami dengan baik, kesan dan pesan selama
mengikuti pembelajaran serta motivasi
b)
Guru
melakukan evaluasi dengan penilaian individu. (pertanyaan berdasarkan
paragraf di lembar kerja kelompok)
c)
Guru
menutup pelajaran dengan mengajak siswa berdoa
H.
SUMBER
DAN MEDIA
·
Diri anak
·
LKS Kelas 3 dan Buku Paket Bahasa Indonesia
kelas 3
·
Koran, stik eskrim dan, lintingan kertas berisi
kalimat
I.
PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam
kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b. Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
2. Instrumen
Penilaian
a. Penilaian Proses
·
Penilaian
Kinerja
·
Penilaian
Produk
b. Penilaian Hasil Belajar
·
Esai
atau uraian
KEY : RPP BAHASA INDONESIA KTSP MENULIS PARAGRAF
No comments:
Post a Comment