Thursday, August 6, 2015

RPP BAHASA INDONESIA KELAS 3 SD MATERI MENULIS PARAGRAF

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

Nama Sekolah            : SD1 Barongan Kudus
Kelas / Semester          : 3 / I
Pertemuan                   : 1x
Materi Pokok              : Teks Paragraf
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit

A.      STANDAR KOMPETENSI  
Matematika
      Bilangan
      Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
Bahasa Indonesia
     Menulis
            Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
IPS
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

B.       KOMPETENSI DASAR           
Matematika
                         1.1 Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
Bahasa Indonesia
     4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan    penggunaan ejaan
      IPS
     4.1Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa

C.       INDIKATOR
1.     Siswa dapat mengurutkan gambar berdasarkan urutan bilangan
2.     Siswa dapat menyebutkan contoh kerja sama di lingkungan sekolah
3.     Siswa dapat melakukan kerja sama dalam berdiskusi
4.     Siswa dapat menyusun paragraf acak dengan benar
5.     Siswa dapat memahami penggunaan huruf kapital dan tanda baca
6.     Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasrkan paragraf yang disusun

D.      TUJUAN
  1. Dengan mengurutkan bilangan di balik kertas, siswa dapat mengurutkan gambar.
  2. Dengan melihat urutan gambar, siswa dapat menyebutkan contoh kerja sama di sekolah.
  3. Dengan mencari kalimat dalam stik eskrim siswa dapat menyusun paragraf acak sesuai gambar.
  4. Dengan mengeksplore kalimat per paragraf siswa dapat memahami penggunaan huruf kaptal
  5. Dengan mencari warna pita lintingan, siswa dapat melakukan kerja sama antar kelompok.
  6. Dengan membaca paragraf, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan paragraf yang disusun.

E.       MATERI
Menyusun Paragraf

F.        PENDEKATAN & METODE
Model            : Picture and picture
Metode                   : permainan, ceramah, demonstrasi, penugasan, diskusi kelompok
G.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
1)  Kegiatan Awal
a)  Guru mengkondisikan kelas, memberikan salam, mengawali pembelajaran dengan berdoa, mengabsen siswa.
b)  Guru menyampaikan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran sebelumnya dan memotivasi siswa dengan media koran
c)   Guru menyampaikan pembelajaran yang akan dipelajari hari ini, menjelaskan tujuan kegiatan belajar mengajar yang akan dilaksanakan.
2)  Kegiatan Inti
a)     Siswa membaca materi di dalam LKS.
b)    Siswa melakukan permainan mencari gambar dengan mengurutkan bilangan.
c)     Siswa menempelkan gambar yang didapat.
d)    Guru bertanya tentang isi gambar yang disusun.
e)     Guru menjelaskan mengenai kerja sama di lingkungan sekolah.
f)      Siswa menyebutkan contoh kerja sama di kelas
g)     Beberapa siswa dalam kelompok melakukan permainan, siswa membaca kalimat per kalimat dalam 5 buah stik yang dibawakan oleh ibu guru dan menuliskannya di papan tulis.
h)    Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang penulisan paragraf. (tata penulisan paragraf dan tanda baca)
i)       Siswa melakukan tanya jawab berdasarkan penjelaskan guru.
j)       Siswa melakukan penilaian penulisan tanda baca.
k)    Siswa berkelompok untuk mengerjakan lembar kerja “Ayo Menyusun Paragraf”
l)       Kelompok siswa menerima 5 lintingan dengan warna pita yang berbeda. Siswa diminta menyusun kalimat agar menjadi paragraf dan menuliskannya di Lembar kerja
m)  Siswa membacakan hasil kerja
n)    Guru menyimpulkan pembelajaran yang dilakukan hari ini
3)  Kegiatan Penutup
a)     Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa tentang hal-hal yang dirasakan siswa, materi yang belum dipahami dengan baik, kesan dan pesan selama mengikuti pembelajaran serta motivasi
b)    Guru melakukan evaluasi dengan penilaian individu. (pertanyaan berdasarkan paragraf di lembar kerja kelompok)
c)     Guru menutup pelajaran dengan mengajak siswa berdoa

H.      SUMBER DAN  MEDIA
·        Diri anak
·        LKS Kelas 3 dan Buku Paket Bahasa Indonesia kelas 3
·        Koran, stik eskrim dan, lintingan kertas berisi kalimat

I.         PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.  Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)

2.  Instrumen Penilaian
a.  Penilaian Proses
·        Penilaian Kinerja
·        Penilaian Produk
b.  Penilaian Hasil Belajar
·        Esai atau uraian

KEY : RPP BAHASA INDONESIA KTSP MENULIS PARAGRAF

No comments: