Monday, June 10, 2013

MENULIS ? BISA KAYA ? WHY NOT !!



MENULIS ? BISA KAYA ? WHY NOT !! (ini adalah salah satu artikel ilmiah gue)



Menghasilkan uang adalah pekerjaan yang selalu dicari setiap orang. Banyak pekerjaan yang dapat dikerjaan dari yang halal sampai haram, dari mudah hingga suuukaaarr, dari senyum- senyum sampai marah-marah. Wow, dan terkadang melelahkan hingga putus asa. Ini nihh madesu apalagi kalian mahasiswa ampuunnn susah banget cari pekerjaan padahal  uang mepet, cuman bisa buat bayar kos gabisa jajan lebih. L  Ayo mulailah dengan menulis !
Hlohh kok menulis sih, capek ah gak ada ide. Apa buktinya bila menulis bisa kaya?. Tahukah kalian J.K Rowling? Penulis novel best seller Harry Potter. Bermula dari seorang melarat yang hanya mampu berangan-angan dalam bus menjadi kaya dalam sekejab menjelma menjadi selebritis dunia. Bermodalkan daya imajinasi kuat yang jarang dimiliki orang kebanyakan dan diimbangi motivasinya yang kuat untuk menulis, menyebabkan ia dapat mewujudkan semua impiannya untuk menjadi seorang milyarder. Saking dari suksesnya dia, namanya selalu masuk dalam daftar orang terkaya di Inggris sejak buku Harry Porter edisi pertamanya terbit. Perlu dicatat itu hanya dari salah satu buku berjudul Harry Potter. Andaikata dia menulis lebih dari satu judul, bisa dibayangkan akan sekaya apa dia. Bisa jadi, dia akan menjadi salah satu orang terkaya di planet bumi.
Jangan lupakan juga Bobbi De Porter. Tokoh ini juga menjadi terkenal di kalangan seluruh dunia, utamanya dunia pendidikan karena bukunya yang berjudul Quantum Learning dan Teaching meledak dipasaran. Padahal dulunya tokoh ini hanyalah seorang guru biasa. Berkat keuletan dan kekreatifan tokoh ini dalam mencari peluang untuk sukses, hasil penelitian tindakan kelasnya bersama mike hernacki di terbitkan. Dan takdir akhirnya menentukan. Dia sukses.
Lantas bagaimana dengan penulis-penulis Indonesia? Tidak adakah diantara mereka yang memiliki nasib mujur seperti Rowling atau De Potter? Ternyata banyak juga diantara penulis- penulis Indonesia tersebut yang menjadi jutawan. Mereka menjelma menjadi selebritis, pembicara terkenal, bahkan menjadi bintang film atau pengusaha sukses. Mereka buktikan bahwa dengan menulis mereka bisa mewujudkan mimpi kebanyakan manusia untuk menjadi kaya dan terkenal. Mereka juga membuktikan bahwa dengan menulis, mereka bisa menjadi sosok idealis nan suci yang mampu memberikan sumbangsih nyata memajukan bangsa Indonesia melalui buku-buku yang mereka karang dan tulis. Siapa-siapa sajakah mereka itu? Ada lebih dari 200an nama penulis yang telah merasakan buah manis dari hasil kerja keras mereka menulis buku.
Beberapa dari mereka kita sebut saja AA Gym, Adi Soenarno, Anand Khrisna adalah seorang guru. Nama-nama seperti Dewi Lestari, Djenar Maesa Ayu, Goenawan Mohamad, Hilman Lupus Hariwijaya, Mira W, NH. Dini, Pipit Senja, adalah nama-nama asing bagi telinga bangsa Indonesia sebelum mereka terkenal karena buku mereka. Mereka ini adalah penulis terkenal yang kerap muncul di media cetak-media cetak maupun elektronik yang ada di Indonesia.
Ah itu kan mereka sudah tua tua? Pasti ide dan pengalamannya banyak coba kita yang mahasiswa. Menulis itu ga melihat sisi umur dan pekerjaan sob !! Tahu Raditya Dika kan ? sebelum sukses dia juga hanya mahasiswa biasa seperti kita cuman ngehabisin uang ortu, jalan jalan, pacaran (kalo punya pacar), tidur kuliah tidur kuliah. Hingga Radit yang kuliah di Ausralia itu ga dapet jatah duit. Lalu dia ciptakan novel Kambing Jantan, menulis dan menulis hingga Manusia Setengah Salmon terbit, isi dompetnya mengalir deras dan membuat senyum bangga bagi orang tuanya. Dan masih banyak mahasiswa diantara kita yang telah sukses di usia muda
Cuman dapat uang saja minta orang tua kan bisa. Heyy dengan menulis kita mendapat banyak pengalaman apalagi kita yang calon guru. Menulis membuat kita terkenal. Dan masih banyak lagi hal positif yang akan kita dapat dari menulis. Jadi menulislah kawan !
Mengapa guru harus bisa menulis? guru harus bisa menulis agar bisa membagikan pengalaman dan pengetahuannya di bidang pendidikan. dengan menulis guru akan punya catatan penting tentang hal-hal yang sudah dilakukannya. catatan harian seorang guru atau anekdotal menjadi sesuatu yang penting bagi guru dalam memulai sebuah penelitian. bagi saya, guru tidak hanya pandai mengajar saja, tetapi harus mampu meneliti di kelasnya sendiri. Dengan begitu, akan ada inovasi dalam pembelajaran yang dilakukannya untuk meningkatkan mutu pembelajaran

No comments: