Tuesday, June 24, 2014

Cerpen Swastisoed - Hantu Pocong Pramuka

Pocong hantu bungkus permen putih dengan mata hitam, suka loncat-loncat gak jelas dan tak pernah senyum itu sudah jadi warga asli di kampung hantu Indonesia. Entah apa yang mereka cari, mereka selalu nongol di tengah kegiatan kita. Waktu kita selfie, waktu kita nyetir mobil, atau waktu makan bakso di pinggir jalan raya dan mereka semua bakal muncul di malam hari ketika kita lagi sendirian.
Tettt Tettt Tett...
Bel istirahat pergantian jam pelajaran pertama pun berbunyi, di kelas X.6 segerombol siswa yang baru sebulan selesai masa ospek SMA itu pun berbincang tentang makhluk penghuni sekolah baru mereka. Bagas siswa terganteng namun konyol di kelas gue telah memulai percakapan intim eh pendalaman makhluk halus maksud gue.
Eh tau gak kalian soal si Achong, hantu pocong dari kebun utara kota yang tersesat gara-gara nempel di badan kakak kelas kita waktu kemah di kebun perkemahan utara kota.” ungkap Bagas mengawali waktu istirahat pertama.
Gak tuh.... Emang tersesat dimana Gas?” tanya Nino sahabat gue sambil maen ipad.
Di sekolah baru kita lah bego... tepatnya itu di daerah lapangan indoor..yang gak gue percaya masa iya tuh pocong pakai dasi pramuka...” jelas Bagas.
Darimana asalnya tuh pocong sudah dikenal warga lama sekolah kita dengan Achong si hantu pramuka. Muncul di malam hari dengan mengenakan dasi pramuka atau yang lebih dikenal dengan istilah duk. Ceritanya sih tiba-tiba si Achong bisa nongol di barisan belakang terus duduk di depan api unggun waktu renungan malam. Kesepian kali ya tuh pocong.
Ah, basi loe Gas.. kagak ada pengantar cerita yang lain apa.. hantu Indonesia itu cuman ada di film horor Indonesia aja...” ujar Dito mengalihkan pembicaraan.
Di film Radtya Dika juga ada keles”
“Ahhahaa bilang aja loe tu takut Dit...” ledek gue.
“Ngapain takut.. gue mah cuman takut sama Tuhan” ungkap Dito.
“Guys sudah jangan berdebat.. kenapa kita gak uji nyali aja terutama di halaman belakang. Nih... kegiatan kemah pramuka SMA kita besok malam..hahhaaha siapa takut boleh ikut” kata Bagas dengan bangganya memamerkan keberaniannya.
“Tapi Gas, ini kan khusus anak extra pramuka. Sedangkan kita kan anak band..” jelas gue.
“Ntar gue bilang ma bokap gue deh Tis.. Nyante bokap gue kan komite sekaligus pembina pramuka” Ujar Dito sombong.
“Oke deh kalo gini kan kompak.. eh ngantin yuk lapar nih...” ajak Nino.
“Kalian bertiga aja deh gue takut tembus jadi duduk aja di kelas” ujar gue nyengir.
“Yahhh loe gak asyik Tis... Okeh lah hati hati jangan selfie sendirian ntar si Achong ikutan” ledek Bagas.
“Siapa Gas?”
“Hantu poconggg...Kabuuuuurrr Hhaha” teriak Dito, Nino, Bagas, tiga sahabat gue.
Suasana gaduh di kelas pun serentak musnah ditelan waktu. Tinggal gue sendiri, dentangan jam dinding, dan mungkin si Achong lagi ngawasin gue. Oya, gue Tisa siswi kelas X SMA Tunas Satu, sebagai siswi baru gue udah masuk ke warga populer di sekolah. Bagas, Dito, dan Nino adalah sahabat gue sejak kecil hingga tua nanti. Di kota kami berempat tinggal, kami adalah seorang musisi indie rock yang sudah populer di kalangan remaja sejak SMP. So kalau kalian gak kenal kita loe pada yang kuper.
“Uhm jadi kita semua bakal kemah malam minggu ini oke gue siap Chong ketemu loe.. gue harap loe juga ikut pramuka.” Celoteh gue di depan kertas undangan kemah pramuka milik Bagas tadi.
Jedeeeerr....!! (Jendela kelas bagian belakang menutup karena angin)
“Astaga...suara apa tuh.. Ya Allah...kok merinding gini sihh apa gue ke kantin aja.. huaaaa”. Gue pun berlari ke arah kantin. Mungkin si Achong bener-bener ngawasin gue tadi.
“hah...hah...hah” nafas gue terengah-engah.
“Eh loe kenapa Tis? Kok lari-lari gitu” tanya Bagas.
“Nih minum dulu Tis” kata Nino.
“Hahh.. Achong ngajak ribut...” jawab gue.
“Achong???” teriak tiga sahabat gue dengan mulut yang masih penuh dengan makanan.
Gue cuman mengangguk dan langsung menyerobot makanan Nino. Seketika ketakutan gue hilang.
“Ehmmm ini mah doyan bukannya lapar lagi” ujar Bagas.
Gelak tawa kita pun mengisi suasana kantin. Kebersamaan kita berempat itu yang selalu bikin siswa-siswi lainnya cemburu terutama si Anggun. Anggun cewek yang belakangan ini deket sama kita dan kabarnya saling naksir dengan si Bagas. Anggun selain cantik juga memiliki suara rock yang dahsyat. Pantas aja si Bagas tergila-gila.
“Eh Gas, biasa kalo makan pecel, kagak malu apa kalau dilihat Anggun” Ledek Gue. “Iya dasar rakus loe Gas...” Tambah Dito. Tiba-tiba Anggun pun datang dengan pesonanya menuju ke meja kantin kita. Rambutnya yang panjang lebat diterpa angin namun tak rusak sekalipun seperti terjaga dan dilindungi.
“Hai Anggun.. sini makan bareng” Ajak gue seraya mempersilahkan duduk.
“Mana-mana? Hahh” Tanya Bagas kaget yang lagi belepotan bekas pecelnya.
“Iya Tis...makasih.. Oya denger kabar kalian bakal ikut kemah ya..ikutan dong” pinta Anggun sambil tertawa kecil memandang Bagas. Bagas pun tak akan menghilangkan kesempatan besar untuk bersama si Anggun dalam dinginnya malam kemah pramuka. Apalagi kegiatan utama kita adalah nyari si Achong hantu narsis di SMA kita, pasti kesempatan dalam kesempitan ada. Dasar licik.

Pengumuman Bagi siswa-siswi kelas X yang mengikuti kemah perdana sabtu ini diharapkan kumpul Nanti sepulang sekolah untuk pengarahan dan info lebih lengkap.

Suara jelek dan lantang tiba-tiba muncul di tengah canda tawa kita. Pak Deka bagian kesiswaan yang biasanya menginformasikan kegiatan sekolah. Bel istirahat selesai kita semua kembali ke kelas. Walaupun kita anak band, anak yang jail, sombong dan nakal, kita berempat selalu tepat waktu masuk pelajaran karena ilmu adalah segalanya bagi kami. Mahal-mahal disekolahkan untuk mencari ilmu kalau tidak digunakan dengan bijaksana apalah arti hidup.
Senja pun datang, acara Pak Deka pun sudah gue hadiri dengan wajah kusut dan badan lemas. Gue, Bagas, Dito, dan Nino, kita berempat berjalan menuju rumah. Rumah kita di daerah perumahan yang dekat dengan sekolah. Jadi gue selalu jalan kaki kalau ban sepeda bocor. Satu lagi yang berbeda dari tampilan gue dan sahabat gue selain mengutamakan belajar adalah kesederhanaan. Gue walaupun anak orang punya tapi sory ya gue belum bisa menghasilkan uang sendiri jadi gak bakal pamer kayak naek mobil ke sekolah atau pakai pakaian norak lengkap dengan aksesoris.
Hari yang ditunggu-tunggu Bagas pun tiba. Setelah memasang tenda di lapangan semua siswa-siswi mengikuti upacara pembukaan. Gak tau kenapa si Dito dari awal upacara sampai akhir upacara dia selalu menyempatkan kepalanya noleh ke belakang ngelihat barisan paling belakang. Padahal dia paling depan harusnya kan ngasih contoh yang baik.
Saking penasaranya setelah upacara selesai gue langsung nimbruk Dito dan mengintrogasinya tanya kenapa sejak tadi upacara dia noleh ke barisan belakang. Kalau mah kebelet pipis bilang aja kan. Dito pun menjawab dengan tubuh bergetar.
Gue takut kalo si Achong di barisan gue. Bisa-bisa kelompok gue kalah...”
Kalah dalam bayangan Dito, waktu hiking pramuka disuruh lari, regu kelompok Diito yang dinamain regu Garuda kalah karena si Achong dengan susah payah lari namun terjatuh. Akhirnya mengamuk sudah sekian cerita dari Dito. Kegiatan demi kegiatan pun terlaksana. Waktu tidur pun datang semua peserta diharapkan tidur kecuali kita yang bandel.
Kita berempat ketambahan Anggun berkumpul di dekat Indoor. Bagas sejak awal sudah tak sabar ingin bertemu Achong dan mengintrogasinya. Pasti kalian bertanya-tanya kenapa Bagas seberani itu. Dia ingin membuktikan omongan si Raditya Dika penulis Indonesia yang bisa ngomong sama hantu di filmnya ke tiga. Norakkan gue juga gak tau kenapa Bagas sampai segitunya.
Eh, Gas lu bohong kan mana ada pocong ikut pramuka pakai dasi juga...nyatanya dari tadi gak pernah nongol..” ujar Dito.
Gue juga lagi nyari berisik... diem aja kenapa udah ikutin gue...” Bagas mengajak kita semua ke arah indoor. Namun disana gak ada tanda-tanda yang muncul mengenai si Achong. Perasaan gue gak enak selain ngantuk berat, badan juga udah capek pake banget abis beberapa kegiatan tadi. Tiba-tiba suasana jadi sunyi karena kita semua udah gak kuat bicara alias ngantuk. Angin malam yang dingin berlari kecil sehingga membuat bulu kuduk merinding.
Untuk yang pertama kalinya akhirnya gue ngelihat pocong di depan mata gue. Si Achong datang dengan wajah seram dan sepertinya marah itu meminta kembalikan dasinya. Dasar si Bagas rese, dia malah ngikutin gaya kak Raditya Dika yang dengan bebasnya berbicara dengan hantu layaknya teman karib. Dan saat itu pun gue nyatakan si Bagas gagal jadi aktor top seperti Kak Radit.
Kita semua lari tunggang langgang ketakutan. Si Achong pun yang gue tahu cuman bisa loncat kanguru ternyata bisa terbang. Mampus deh gue..
Kembalikan dasi saya kembalikan dasi saya” kata Achong sambil terbang.
Kalau kita lari memutari lapangan terus pasti gak akan selesai, akhirnya kita putuskan untuk berhenti menghadapi Achong. Kita percaya bahwa Allah akan menolong kita kalau ada apa-apa toh kita kan gak punya salah. Setelah berhenti mendadak Achong pun terus meronta meminta dasi.
Pak Deka dan penjaga sekolah pun datang. Mereka kaget melihat si Achong benar-benar ada padahal cerita di tahun sebelumnya itu bohong belaka. “Apa yang kalian lakukan dengan pocong itu” tanya Pak Deka ketakutan.
Kami gak ngelakuin apa-apa pak, tolong kami pak” jawab gue. Namun, Pak Deka balik badan dan pergi meninggalkan kita semua.
Tiba-tiba Dito di bawa terbang oleh si Achong. Dito pun yang mulanya teriak ketakutan, tiba-tiba diam dan kita lah yang berteriak. Demi apapun gue gak ingin kehilangan sahabat gue Dito. Kita berlari mengejar, langkah kami terhenti karena melihat Dito tergeletak dibawah pohon. Si Achong hilang entah kemana.
Kita yang sayang banget sama sahabat kita Dito langsung memeluknya sambil nangis. Dito pun bangun dan menceritakan bahwa dia dibawa ke flashback kematian si pocong. Achong sama seperti kita anggota pramuka yang dihukum kakak kelas karena tidak membawa dasi. Sebenarnya dia bawa namun terjatuh dan Achong tidak mengetahuinya. Ketika sedang menjalani hukuman lari, Achong jatuh terpeleset dan kepalanya membentur batu yang akhirnya membuatnya meninggal seketika.
Achong pun berjanji sebelum ia menemukan dasinya ia tak akan tenang dan dia akan selalu mengganggu anak pramuka, mengambil dasinya dan memakainya. Kalau pramuka sudah selesai dia akan mengembalikan dasi yang ia curi.
Tragis banget, kasian Achong” ujar Anggun sambil nangis. Tak berapa lama kemudian Pak Deka dan penjaga sekolah datang kembali untuk membawa paranormal. Achong pun kembali dia berada di samping Bagas seketika itu. Si Achong meminta tolong agar dia di bawa pulang ke bumi perkemahannya kebun Utara.
Tolong saya, di sini tidak ada dasi saya. Saya ingin pulang, saya capek di sini”
Bagaimana ini pak..” Gue pun bertanya kepada Pak Deka.
Biar Mbah Jangklung yang mengurusnya” Pak Deka pun segera meminta tolong Mbah Jangklung.
Suasana yang semula mencengkam akhirnya reda. Tak terasa hari jam menunjukan pukul 4 pagi. Benar-benar pengalaman luar biasa bersama sahabat. Semua anggota pramuka terbangun. Lapangan kembali ramai karena anggota pramuka yang ingin mengetahui cerita hantu pramuka. Namun Pak Deka menyuruh kita semua kembali ke tenda dan bersiap mengikuti kegiatan kepramukaan selanjutnya.
Si Achong membuat gue sadar bahwa gue harus menjaga perlengkapan yang gue bawa. Termasuk dasi dan menjaga semua barang gue dengan hati-hati.


No comments: