Wednesday, October 28, 2015

Lembayung Wisudha


Gedung kembar biru di arah selatan area kampus Universitas kami, selalu menjadi saksi bisu celotehan para generasi sarjana hebat. Hebat itu ketika kami yang sebagian hanya segerombol anak manja di awal masuk kuliah (manja dalam arti maunya yang instan) saat ini telah hampir menyelesaikan ratusan sks mata kuliah dan telah selesai mengajar siswa di waktu PPL SD.  Sebentar lagi waktunya kami melangkah ke dunia kerja, dunia yang dominan kaum awan mengatakan dunia paling berat untuk dijalani. Pekerjaan kami pun di tahun mendatang adalah pekerjaan yang menuntut keprofesionalan seseorang.

Setiap perjalanan pasti mempunyai ujung. Kali ini di tingkat strata 1 kami adalah mahasiswa angkatan Agustus 2012 yang bila dihitung akan lulus senormal-normalnya 4 tahun pada Oktober 2016 lusa. Setiap insan di dunia pasti mempunyai keinginan bersama adanya tekad kami mencoba sebaik mungkin agar dapat wisudha 3,5 tahun setara dengan kakak-kakak angkatan sebelumnya. Bagi kami pun hal tersebut bukanlah hal yang sulit. Kami bukan generasi manja lagi, setiap keputusan yang kita ambil penuh komitmen dan Alhamdulillah berjalan dengan baik sampai saat ini (Oktober akhir 2015) kami semester 7 melangkah pasti dengan bimbingan proposal skripsi bab III (revisi bab III dulu...... o.o).
Bab III selesai, nantinya kami akan melangkah ke seminar proposal setelah itu penelitian juga bimbingan skripsi bab IV,V,VI, dan akhirnya ujian skripsi untuk berhasil menjadi sarjana setingkat strata 1. Kami hanya ingat kata mutiara dari beliau bahwa bilamana kita bisa dan cepat selesai dengan baik mengapa tidak dilaksanakan. Sebaris kata mutiara tersebutlah yang memotivasi kami selama ini namun, tidak lupa motivasi dari orang tua juga ya...,
Pendapat sebagian mahasiswa yang lain mungkin wisudha 3,5 itu tidak penting dan 4 tahun sudah baik. Baiklah saat ini mereka telah menyakinkanku untuk mengatakan 4 tahun sudah baik. Hal ini terjadi karena harapan dan impian tidak dapat disingkronkan dengan kenyataan. Kenyataan yang ada adalah Universitas kami baru diakreditasi B dan menuntut pihak mereka untuk mewisudha mahasiswa di bulan Februari dan Agustus bukan April dan Oktober di tahun 2016 dan seterusnya. Terlalu cepat untuk memulai dan kini akan lama untuk mengakhir oh lembayung wisudha. Semoga ilmu yang kami (sang pemuda pemudi Indonesia) dapat adalah berkah untuk para generasi merah putih kecil Indonesia nantinya.

No comments: