Tuesday, April 15, 2014

JERAWAT TUNTAS, BEBAS SELFIE

Remaja Indonesia saat ini sedang gemar-gemarnya melakukan selfie. Ya, sekedar foto eksis sendirian atau bersama teman-temannya dengan kamera ponsel terbaru. Namun, berbeda dengan remaja yang sedang galau karena malu. Malu dan tidak percaya diri selalu muncul disaat si bintik bulat merah di sekitar wajah mereka datang. Bintik merah tersebutlah yang biasa disebut jerawat.
Perawatan wajah yang mahal dan lama harus merelakan kita untuk merogoh dompet tiap akhir pekan. Padahal di Indonesia banyak tumbuh bahan alami yang mudah didapat untuk menghilangkan jerawat. Mau tau kan? Ini dia beberapa cara alami tuntaskan jerawat:
1.      Teratur Bersihkan Wajah
Jangan pegang wajah! Ya, kuman di tangan bisa cepat berpindah ke daerah sensitif wajah. Setelah berkompilasi dengan debu di jalanan, maka rajin-rajinlah membersihkan muka sebelum atau sesudah beraktifitas dengan air mengalir.
2.      Air Jeruk Nipis
Kita dapat mengobati jerawat dengan mengaplikasikan jeruk nipis di wajah. Caranya, teteskan perasan jeruk nipis di atas kapas, lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Kita dapat merasakan efek kerja dari jeruk nipis ini saat kulit merasa sedikit perih. Bila kulit Anda sangat sensitif, campurkan sari jeruk nipis dengan sedikit air sebelum diberikan pada kapas.
3.      Tomat
Buah tomat selain bagus untuk kesehatan mata juga efektif menghilangkan komedo hitam(blackheads). Caranya iris tomat menjadi dua lalu oleskan ke seluruh wajah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit – 1 jam kemudian bilas. Selain itu seringlah memakan buah tomat untuk perawatan dari dalam.
4.      Air Lemon
Saat membersihkan wajah, Anda bisa membilas wajah berjerawat dengan perasan air lemon. Kemudian bilas lagi dengan air bersih. Perasan lemon akan mengurangi minyak pada kulit wajah.
5.      Es Batu
Memencet jerawat dapat menimbulkan infeksi apalagi bila tangan kita berkuman, lebih baik kita bungkus sebuah es batu dalam kain bersih. Tempelkan pada daerah berjerawat selama 30 detik. Es batu akan mengecilkan pori dan menyerap minyak berlebih.
6.      Putih Telur
Putih telur? Bisakah? Putih telur membantu mengurangi minyak di wajah yang seringkali menyebabkan jerawat muncul. Caranya mudah yaitu, pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya saja. Kocok sebentar lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit.
7.      Pasta Gigi Putih (Pepsodent)
Caranya mudah sama dengan cara di atas. Oleskan pasta gigi ke jerawat dan bagian lain di sekitar jerawat tersebut sebelum tidur. Biarkan semalaman/sampai pagi kemudian bilas dengan air bersih.
8.      Lidah Buaya
Daun lidah buaya selain bermanfaat menghapus polusi udara, juga dapat mengeringkan jerawat hingga menghilangkan bekasnya. Caranya ambil satu daun lidah buaya, potong beberapa bagian, kelupas kulit luarnya, oleskan di bagian yang muncul jerawat, dan ulangi melakukan cara ini tiap pagi dan sore. Jika kita cukup telaten, jerawat mungkin akan dapat mengering dan mengelupas selama 3 hari.
9.      Madu dan Stroberi
Campur setengah cangkir buah stroberi dengan satu putih telur, dan dua sendok teh madu. Bubuhkan campuran masker tadi ke wajah Anda, namun jangan sampai kena daerah sekitar mata. Biarkan masker mengering, sampai kira-kira 10 hingga 20 menit. Anda akan merasa masker mengencang di wajah Anda ketika mengering. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air dingin atau hangat-hangat kuku untuk membersihkan masker. Biarkan wajah mengering untuk hasil terbaik.
10.  Kayu Manis dan Madu
Obat jerawat alami yang bisa kita pakai adalah bubuk kayu manis dan madu. Campur sedikit bubuk kayu manis dan madu secukupnya, aduk-aduk hingga rata. Oleskan hanya pada bagian yang berjerawat. Masker ini akan membantu mengatasi radang pada jerawat dan membuat jerawat segera kempes. Bilas bekas keesokan paginya.
Manusia memiliki watak tidak sabar, sama seperti halnya dengan pengobatan. Manusia ingin yang instan tapi memburuk. Tidak ada pengobatan yang langsung bisa sembuh kecuali mujizat Allah SWT. Baiknya kita tetap merawat wajah kita dengan terartur dan mengkombinasi bahan alami yang terbilang alami, murah, dan mengandung manfaat yang banyak. Itulah 10 bahan alami yang mampu membuat wajah kita lebih bersih. Selanjutnya ayo selfi sepuasmu!

No comments: